Rapat Paripurna DPRD ‘Super’ Lengang

Kabupaten Bima, Kahaba.- Suasana lengang dalam setiap pelaksanaan sidang Paripurna DPRD Kabupaten Bima bukanlah hal yang baru. Namun sidang paripurna yang dihelat hari ini (20/12/2012) dengan agenda laporan Pansus DPRD terhadap program kerja tahunan dewan tahun dinas 2013, terpantau jauh lebih lengang dari biasanya.

Ilustrasi

Ilustrasi

Tercatat dalam daftar hadir peserta sidang, seperti yang dilaporkan pimpinan sidang, Drs H Najib HM Ali, rapat para penyambung lidah rakyat itu hanya dihadiri 22 anggota dewan dari 40 keseluruhan anggota DPRD Kabupaten Bima.

Yang lebih memprihatinkan lagi, unsur eksekutif yang mestinya dihadiri langsung Bupati atau wakil Bupati, ternyata hanya diwakilkan pada Asisten III Setda, Drs H Makruf Amin. Belum lagi para penjabat eselon II setingkat Kadis dan Kabag, hampir tidak ada yang hadir dalam forum itu. Tercatat, para pimpinan SKPD itu hanya diwakili, itupun sekitar sepuluh orang saja.

Dengan minimnya peserta, praktis sidang paripurna itu kehilangan semangatnya. Belum lagi ditambah dengan rusaknya perangkat pengeras suara sehingga beberapa kali penyampaian pimpinan sidang, terganggu dengan sound sistem yang ngadat. Sidang itu pun beberapa kali terhenti dan kembali dilanjutkan setelah salah seorang anggota dewan sesekali memperbaiki microphone rusak itu.

Lengangnya pelaksanaan sidang paripurna tentunya menjadi preseden buruk lembaga tinggi daerah itu. Sudah saatnya para wakil rakyat itu mengintrospeksi diri guna memacu kedisiplinanannya dalam menjalankan tugas. Karena tidak sedikit anggaran negara yang terbuang dengan digelarnya sidang-sidang yang tidak efektif berjalan akibat minimnya peserta yang hadir. [A*/BQ]

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *