Tingkatkan Gairah Wirausaha, Pemkab Kucurkan Bantuan

Kabupaten Bima, Kahaba.- Menjelang akhir tahun anggaran 2012, sejumlah SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Bima melakukan penyerahan bantuan sosial  baik yang bersumber  dari dana APBD–P, APBD I dan  dana APBD II. Sasaran utama  pemberian bantuan,  guna menggairahkan dunia kewirausahaan secara berdaya guna dan berhasil guna untuk menghadapi tantangan ekonomi  masa yang akan datang.

Wakil Bupati Bima saat menyerahkan bantuan kelompok

Wakil Bupati Bima saat menyerahkan bantuan kelompok pada hari Kamis (27/12/2012). Foto: Bagian Humas Kabupaten Bima.

Bantuan tersebut dikucurkan  Dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Badan Ketahanan Pangan dan Bagian Administrasi Kesra yang  diserahkan secara serentak, Kamis (27/12) di Aula Kantor Bupati Bima.

Pemerintah Kabupaten Bima melalui pelaksana tugas  Bupati Bima Drs. H. Syafrudin HM. Nur. M.Pd dalam arahan mengatakan, sejumlah bantuan tersebut sebagian besar akan dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi produktif. “Ini merupakan ikhtiar pemerintah daerah sebagai fasilitator pembangunan dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat agar dapat keluar dari lingkaran kemiskinan,” tukas Syafruddin.

Terkait dengan upaya  menggairahkan dunia kewirausahaan ini, ke depan pemerintah daerah akan memberikan ruang bagi tumbuhnya kesempatan kerja, menciptakan pelayanan ekonomi secara luas dan berperan dalam proses pemerataan pendapatan masyarakat.

Penyerahan bantuan TA. 2012 yang bersumber  dari dana APBD–P, APBD I dan  dana APBD II. Sejumlah bantuan dari dinas Koperasi dan UMKM, Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Kelautan dan Perikanan, Badan Ketahanan Pangan dan Bagian Administrasi Kesra Tahun Anggaran 2012 diserahkan secara serentak.

Melalui dinas Koperasi dan UMKM, diserahkan kepada 8 kelompok UMKM  8 set peralatan konveksi,  peralatan tata rias dan  peralatan otomotif dana yang bersumber dari APBD I.  Bantuan lain juga  berupa 10 unit gerobak usaha kepada 10 kelompok. Sedangkan dalam bentuk dana, bantuan dana bergulir sebesar Rp. 40 juta diserahkan kepada dua kelompok.

Selanjutnya bantuan yang bersumber dari APBD II, dalam bentuk  dana bergulir masing-masing Rp. 5 juta kepada 77 kelompok usaha. Sehingga total dana berjumlah Rp.  385 juta yang diserahkan secara simbolis kepada Darwis Bc.Kn dari Kecamatan Sape.

Penyerahan juga dilakukan berupa 100 bidang Sertipikat tanah UKM yang merupakan kemitraan antara Badan Pertanahan (BPN) Kabupaten Bima dengan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Bima. Yang diserahkan secara simbolis kepada kelompok UKM penerima bantuan.

Untuk Dinas Peternakan diberikan bantuan kepada 8 kelompok usaha pedagang bakso masing – masing senilai  Rp. 31,2 juta sehingga total dana mencapai Rp. 250 juta. Secara simbolis diterima oleh Hendra Wahyudin, Ketua Kelompok Sui NaE kecamatan Lambitu.

SKPD lain yang menyerahkan bantuan adalah Dinas Perindag, berupa mesin dan peralatan meubeler ( bor listrik, serut listrik, profil listrik) untuk 13 IKM, 5 unit Genset, mesin / peralatan bengkel roda dua dan  alat kompresor dan kunci kepada  10 IKM senilai. Rp.  100 juta, sehingga  total penerima sebanyak 28 IKM. Peralatan kerja ini diserahkan secara simbolis kepada  Taufan (desa Pandai- Woha).

Selain itu diserahkan pula bantuan dari dana Tugas Pembantuan  pada Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima TA. 2012 berupa 40 unit mesin 24 PK, 40 unit mesin 20 PK, 78 unit mesin 5,5 PK, 100 buah cool box, 225 piss Gill Net, 225 piss Purse Saine, 1.000 buah perangkap kepiting , 500 piss  jaring tasi, 10 unit sarana presto, 3 unit  sarana bakso .

Peralatan tangkap ikan senilai Rp. 3 milyar tersebut diserahkan kepada 100 kelompok dan diserahkan  secara simbolis kepada Siti Nurjanah, S.Pdi ketua kelompok Mandiri desa Sanolo kecamatan Bolo.

Di bidang pertanian, diserahkan bantuan  program tunda jual dan lumbung pangan pada BP4K kepada kelompok Oi Huti desa Wadukopa-Soromandi, sebesar  Rp. 10 juta kepada ketua kelompok Alimudin dan  kelompok Ndano Rangga desa Mbawa Rp. 10 juta kepada ketua kelompok Hasan Ibrahim.

Selain itu BP4K juga menyerahakan bantuan berupa lumbung kepada  kelompok KWT Doro Mila desa Pai kecamatan Wera sehingga total bantuan Rp 190 juta. Pada bagian Administrasi Kesra Setda  diserahkan bantuan pembangunan  sarana ibadah  kepada 614 Masjid dan Mushalla Se – Kabupaten Bima sejumlah Rp. 6,1milyar. Bantuan diserahkan secara simbolis kepada Abdul Hamid, S.Pdi Ketua  panitia pembangunan masjid Nurul Hidayah desa Oi Ni’u kecamatan Palibelo. Penyerahan bantuan 36 unit  palang jalan dan marka jalan Jum’at khusyu yang diserahkan secara simbolis kepada pengurus masjid Al – Wustha desa Panda Kecamatan Palibelo. [BQ*]

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.
  1. Martinus Ibo Philipus Aru

    Ada sekitar 450 proposal yang seolah diajukan mundur tahun 2013, lalu dipalsukan disposisinya ketika Bupati Asli Bima meninggal, disposisinya dipalsukan, dicairkan. Ini belum program hibah di Diskop UKM hampir setiap tahun di bagi hasil antara pejabat diskop dengan koperasi penerima. Cek SPPD palsu mereka tiap dinas. C

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *