Usai Pesta Ultah, Belasan Anak Keracunan Makanan

Kota Bima, Kahaba.- Belasan orang yang didominasi anak-anak harus dilarikan ke pusat kesehatan terdekat usai menghadiri pesta ulang tahun di Kelurahan Jatiwangi Kota Bima. Mereka mengalami keracunan makanan usai menyantap hidangan makanan yang disediakan oleh tuan rumah yang digelar Sabtu (29/12/2012) siang.

Kondisi para korban keracunan makanan yang dirawat di PKM Asakota.

Kondisi para korban keracunan makanan yang dirawat di PKM Asakota.

Ruangan IGD PKM Asakota mendadak ramai sejak pukul 17.30 Wita. Satu persatu korban yang diantar dengan mobil ambulan juga kendaraan pribadi memasuki pelataran dengan menurunkan setidaknya sepuluh orang pasien yang sembilan diantaranya anak-anak.

Ratna Ningsih (43), ibu salah satu korban mengungkapkan, awalnya putrinya mengeluhkan rasa mual, sakit kepala, lalu kemudian muntah-muntah usai mengkonsumsi sejumlah hidangan dalam pesta ulang tahun yang digelar pada pukul 13.00 Wita hari itu. Karena mengetahui beberapa anak lainnya yang mengikuti acara yang sama juga merasakan gejala keracunan makanan itu, dirinya langsung berinisiatif membawa putrinya Siti Nursakinah (12) ke PKM Asa Kota.

“Anak saya baru merasakan gejalanya sebelum waktu Isya tadi. Karena dari sore tadi banyak anak yang dilaporkan keracunan saya langsung kesini,” kata Ratna.

Sementara itu dokter jaga PKM Asakota, dr. Fitri Kurniasuci kepada Kahaba menuturkan, para korban seluruhnya berjumlah 14 orang. Sepuluh orang diantaranya dirawat di PKM Asakota, satu orang di PKU Muhamadiyah, dan tiga orang lainnya dirawat di rumahnya masing-masing.

“Setelah diberikan penanganan, secara umum kondisi mereka sudah berangsur membaik. Bahkan malam ini delapan pasien yang dirawat disini sudah boleh pulang,” ujarnya.

Mengenai penyebab keracunan, Fitri enggan berspekulasi. Namun secara umum para pasien mengaku menyantap nasi kuning, ayam goreng, daging, mie goreng, dan makanan ringan dalam pesta itu. “Sampel makanannya sudah kami ambil, nanti hasil uji laboratorium yang akan mengungkapnya,” tegas Fitri.

Adapun daftar nama korban keracunan berdasarkan catatan PKM Asakota adalah sebagai berikut:

  1. Eri (P/ 7 tahun)  asal Kelurahan Jatiwangi
  2. Nurlila (P/13 tahun) asal Kelurahan Jatiwangi
  3. Haerunisyah (P/32 tahun) asal Kelurahan Jatiwangi
  4. Ahmad Bani Adam (L/9 tahun) asal Kelurahan Jatiwangi
  5. Sukarti (P/10 tahun) asal Lingkungan Tato
  6. Nana (P/11 tahun) asal Lingkungan Tato
  7. Amelia (P/5 tahun) asal Lingkungan Tato
  8. Febrian (L/5 tahun) asal Lingkungan Lewi Sape
  9. Fadul Halis (L/11 tahun) asal Lingkungan Tato
  10. Dea Sabila (P/6 tahun) asal Kelurahan Jatiwangi

Sementara satu orang yang dilarikan ke PKU Muhamadiyah atas nama Harum Masyita, sedangkan tiga orang yang dirawat di rumah masing-masing belum diketahui identitasnya.

Berdasarkan informasi dari petugas PKM Asakota korban yang dirawat dibebaskan dari biaya karena ditanggung oleh Pemerintah Kota Bima. [BQ]

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *