Selama 2012, Angka Kriminalitas Kota Bima Meningkat

Kota Bima, Kahaba.- Polres Bima Kota mencatat, sepanjang tahun 2012 terjadi peningkatan signifikan angka kriminalitas yang terjadi. Dari 926 kasus kejahatan umum yang ditangani Polres Bima Kota pada tahun sebelumnya (2011), pada tahun 2012  meningkat menjadi 986 kasus.

Kapolres Bima Kota, AKBP Kumbul KS S.IK SH,. Foto: Arief

Kapolres Bima Kota, AKBP Kumbul KS S.IK SH,. Foto: Arief

Dalam data yang disampaikan Kapolres Bima Kota, AKBP Kumbul KS S.Ik SH, saat jumpa pers akhir tahun, Senin (31/12) di Aula Paruga Toi Mapolres Bima Kota, porsi terbesar dalam tindak kriminalitas di Kota Bima adalah kasus Pencurian Kendaraan Bermotor (Curanmor) sebanyak 327 kasus atau meningkat hingga 75% dari kasus yang sama tahun sebelumnya.

Sementara itu tindak kriminal kasus Narkotika dan Obatan-obatan Berbahaya (Narkotiba) yang masuk dimeja kepolisian ada 93 kasus. Jelas Kumbul, jumlah ini berdasarkan data pengungkapan aparatnya. Dari 93 kasus tersebut jelasnya, semua telah ditangani alias diproses lebih lanjut dan telah mendapat kekuatan hukum tetap atau divonis.

Khusus penanganan kasus narkoba, kasus ini tergolong sulit diungkap. Hal ini lantaran narkoba ibarat gunung es, “kalau tidak diungkap aparat, peredaran kasus narkoba, sulit dideteksi oleh masyarakat, “ ujarnya sembari menegaskan perlu ada kerjasama semua pihak.

Kasus perkelahian warga untuk tahun sebelumnya ada 9 kasus sementara sepanjang 2012 meningkat hingga 11 kasus perkelahian antar warga yang terjadi diwilayah hukum Polres Bima Kota.

Kemudian kecelakaan lalulintas yang terjadi adalah sebanyak 78 kasus untuk tahun 2011 dan meningkat pada tahun 2012 menjadi 89 kasus. Dari data lakalantas, korban meninggal sebanyak 29 orang atau meningkat 2 korban meninggal dunia jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Disamping adanya kenaikan drastis, juga didapati berkurangnya angka kejahatan pada kasus-kasus tertentu. Kasus penganiayaan ringan, tercatat mengalami penurunan dari sebelumnya 213 kasus menurun hingga 169 kasus atau penurunan sebesar 21%. Sementara itu kasus penganiayaan berat menurun hingga  menyisakan satu kasus jika dibandingkan dengan tahun 2011 sebanyak tujuh kasus.

Sementara itu kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT)  mengalami penurunan dari 29 kasus menjadi 27 kasus. Kasus Minuman Keras (Miras) menurun dari 57 kasus menjadi 45 kasus. Selain itu juga, pihaknya menangani kasus unjuk rasa anarkis sebanyak dua kasus, berkaitan dengan Bahan Bakar Minyak (BBM) ada 6 kasus

Ungkap Kumbul, kasus korupsi sendiri yang ditangani Kepolisian Resort Bima Kota pada tahun 2012, tidak ada. Pihaknya hanya menangani kasus korupsi yang terjadi pada tahun sebelumnya. [A*/BS]

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *