Karang Taruna Lewirato Gelar Gotong Royong Berhadiah

Kota Bima, Kahaba.- Ada-ada saja cara kreatif dalam menarik peran serta masyarakat dalam membersihkan lingkungan. Seperti yang dilakukan Karang Taruna “Maju Bersama” Kelurahan Lewirato dalam menutup tahun 2012, kegiatan gotong-royong berhadiah pun digelar untuk membersihkan lingkungan sekitar sekaligus menghadirkan keceriaan bersama warga masyarakat.

gotong royong lewirato

Suasana Gotong Royong Berhadiah yang diprakarsai oleh Karang Taruna “Maju Bersama” Kelurahan Lewirato. Foto: Bin

Sejak pukul 07.00 pagi, masyarakat terlihat berjubel di lorong-lorong RT 07 lingkungan kelurahan setempat. Dengan membawa peralatan masing-masing, peserta gotong royong yang terdiri dari masyarakat berbagai usia mulai membersihkan halaman rumah masing-masing, got-got dan saluran air, jalan, dan sarana umum lainnya.

Kebersamaan terasa dilengkapi dengan kehadiran armada dari Badan Kesejahteraan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Bakesbangpolinmas) Kota Bima. Tak hanya itu, kegiatan masyarakat yang diprakarsai kalangan pemuda ini juga dihadiri oleh Wakil Walikota Bima, H. A. Rahman H. Abidin, SE.

Orang nomor dua Kota Bima yang akrab disapa Haji Man yang sedari pagi hadir dan bersama warga melakukan gotong-royong mengaku baru pernah melihat kebersamaan yang luar biasa seperti yang dilakukan oleh warga Kelurahan Lewirato. “Ini luar biasa, semua hadir dan bersama-sama membersihkan lingkungan,” pujinya.

Ia mengaku, kebersamaan inilah yang kemudian sangat dibutuhkan untuk membangun Kota Bima. Karena tanpa kebersamaan yang dimulai dari warga, tentu akan sangat susah menggapai cita-cita yang diinginkan. “Salut untuk Karang Taruna Maju Bersama Kelurahan Lewirato. Kami berharap kegiatan-kegiatan seperti ini terus ditumbuhkan,” pintanya.

Ketua karang taruna ‘Maju Bersama’ Kelurahan Lewirato, Ruslan Effendi mengatakan, kegiatan gotong-royong merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap bulan. Namun pada akhir tahun ini, pihaknya menyelenggarakan gotong royong yang berbeda dari biasanya. “Sengaja kami melaksanakan kegiatan gotong royong berhadiah. Selain untuk hiburan, juga merangsang kebersamaan antar warga Kelurahan kami,” ujarnya.

Dan cara tersebut dirasa ampuh, pada kesempatan itu, hampir seluruh warga Kelurahan Lewirato hadir dan sama-sama bekerja membersihkan lingkungan. “Hadiahnya tidak seberapa. Juara utama sepeda BMX, dan hadiah hiburannya yakni piring, gelas dan payung,” sebutnya.

Lurah Lewirato Emi Mulyati, SE mengaku sangat bahagia dan bangga melihat partisipasi warganya pada kegiatan tersebut. dirinya pun berharap semoga kebersamaan untuk kebersihan lingkungan tersebut tetap selalu terjaga. “Kebersamaan seperti ini memang mahal. Kendati demikian, kami sebagai perpanjangan tangan dari pemerintah di tingkat Kelurahan tak henti-hentinya merangsang kebersamaan ini agar selalu terjaga,” katanya. [BK]

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *