30 Calon Panwascam Kota Bima Ikuti Uji Kelayakan

Kota Bima, Kahaba.- Sebanyak 30 orang calon Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) se Kota Bima, Minggu (6/1/2013) pagi menjalani uji kelayakan (fit and propper test). Uji kelayakan yang digelar sejak pukul 10.00 WITA  ini dilakukan dalam rangka menyeleksi tiga orang Panwascam terbaik yang akan ditempatkan di sejumlah kecamatan di Kota Bima dari 30 orang peserta ujian yang lolos dalam tahapan sebelumnya.

Panwaslu Kota Bima adakan fit and propper test untuk calon Panwascam

Panwaslu Kota Bima adakan fit and propper test untuk calon Panwascam

Panwaslu Kota Bima melalui Ir. Khairuddin HM Ali menjelaskan, para calon Panwascam terbaik yang lolos dalam uji kelayakan itu selanjutnya akan ditetapkan secara resmi sebagai Panwascam definitif yang bisa memulai pelaksanaan fungsi pengawasannya dan segera membentuk Panitia Pengawas lapangan (PPL) ditiap kelurahan.

Pentingnya uji kelayakan ini jelas Khairuddin, adalah untuk mengetahui sejauh mana komitmen, visi, dan kredibilitas para calon Panwascam dalam melakukan kegitatan pengawasannya kelak. Selain itu dalam ujian tersebut, para calon akan didalami oleh panitia seleksi terkait seberapa jauh mana rekam jejaknya dalam segala hal yang berkaitan dalam bidang tugasnya sebagai pengawas jalannya pesta demokrasi.

“Ini diperlukan untuk mendapatkan Panwascam yang bebas dari kepentingan politis yang menyangkut Pemilu, baik kedekatan atau keterlibatannya dalam salah satu Partai Poltik (Parpol), maupun rekam jejak keluarganya,” terang Khairuddin yang ditemui di Kantor KPU Kota Bima saat yang ikut mengawasi prosesi pendaftaran calon perseorangan. [A*/BQ]

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *