Cuaca Buruk di Bima Imbas Badai Siklon Tropis Narelle

Jakarta, Kahaba.- Hujan lebat yang disertai angin kencang yang melanda Bima dan sejumlah wilayah lain di provinsi NTB Sejak Selasa (8/1/2013) lalu disebabkan oleh aktivitas badai siklon tropis Narelle yang terjadi di Samudera Hindia. badai siklon ini terpantau oleh Tropical Cyclone Warning Centre (TCWC) Jakarta sejak Minggu (6/1/2013) dan diperkirakan akan terus berlangsung hingga beberapa hari kedepan.

Seperti yang dilansir dari data peringatan dini dalam laman Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), kawasan Selat Makassar bagian selatan, Laut Sumba, NTT, NTB, Bali, dan sebagian Jawa Timur menjadi area waspada badai siklon tropis yang terjadi di Samudera Hindia ini.

Siklon tropis NARELLE ini memberikan dampak terhadap kondisi cuaca di wilayah indonesia berupa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di Provinsi NTB terutama di Pulau Sumbawa dan wilayah NTT. Selain itu gelombang dengan ketinggian lebih dari 4 meter berpeluang terjadi di Selat Sunda bagian selatan, Perairan selatan Banten hingga NTB, Perairan selatan P. Sumba, Laut Sawu, Perairan Kupang, Pulau Rote, Laut Jawa bagian tengah dan timur, Perairan selatan Kalimantan, Perairan utara Jawa Timur, Laut Bali, Laut Sumbawa, Selat Makassar bagian selatan, Perairan Kep. Selayar, Perairan Bau-bau, Laut Flores, dan Samudera Hindia selatan Jawa hingga selatan NTT.

Sementara itu berdasarkan pemantauan BMKG hari ini (10/01/2013) pukul 08:00 WTA, posisi pusat siklon berada pada koordinat 14.0LS, 115.8BT atau sekitar 590 km sebelah selatan Denpasar. Titik pusat badai ini diketahui sedang bergerak kearah barat barat daya, dengan kecepatan 2 knots (4 km/jam) menjauhi wilayah Indonesia.

Citra Satelit MTSAT menunjukkan posisi badai siklon tropis Nallee hari ini

Citra Satelit MTSAT menunjukkan posisi badai siklon tropis Narelle hari ini (10/1/2013). Sumber: meteo.bmkg.go.id

BMKG juga peringatan dini akan peluang terjadinya hujan lebat dengan disertai angin kencang pada hari ini untuk wilayah Dompu, Kota Bima, dan Kabupaten Bima pada hari ini.

Sementara itu, berdasarkan pantauan Kahaba, akibat badai siklon ini wilayah Bima mengalami cuaca ekstrem sejak beberapa hari yang lalu. Hembusan angin kencang yang terjadi siang dan malam hari telah menumbangkan beberapa pohon dan baliho di banyak titik di Kota Bima. [BQ]

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *