Kabar Bima

15 Anggota Panwascam Kota Bima Dilantik

210
×

15 Anggota Panwascam Kota Bima Dilantik

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Setelah dilakukan proses penjaringan dan seleksi secara bertahap, 15 orang anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) tingkat Kecamatan dilantik di Hotel Permata Kota Bima, Jumat (18/1/2013). Para anggota Panwascam itu disumpah dan selanjutnya akan dibekali dengan kemampuan teknis sebelum mengemban tugas secara profesional.

Pelantikan Panitia Pengawas Pemilu Tingkat Kecamatan
Pelantikan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Tingkat Kecamatan, Jumat 18 Januari 2013.

Ketua Panwaslu Kota Bima, Drs. Arif Sukirman, MH mengatakan, Panwascam akan menjadi garda terdepan dalam pengawalan pesta demokrasi Kota Bima. Karenanya  ia berharap kepada seluruh anggota Panwascam yang dilantik untuk menjaga integritas, tidak mudah tergoda dengan apa pun bentuk dan jenis godaan. Selain itu, 15 orang yang akan ditempatkan di lima kecamatan di Kota Bima ini dimintanya agar bekerja dengan baik dan profesional dan selalu berpedoman pada aturan yang berlaku.

15 Anggota Panwascam Kota Bima Dilantik - Kabar Harian Bima

“Kami juga meminta agar selama penyelenggaraan pemilu, Panwascam mampu bersikap adil, tidak berpihak pada pasangan calon, tidak diskriminatif dan selalu menegakkan aturan,” harapnya dalam sesi sambutan kegiatan yang juga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Bima, jajaran perwakilan muspida, Ketua KPUD Kota Bima dan sejumlah anggota Panwaslu.

Di tempat yang sama, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bima Ir. Muhammad Rum dalam sambutan singkatnya mengatakan, tugas untuk mengawasi penyelenggaraan pemilu sebenarnya tak hanya menjadi tupoksi Panwaslu dan Panwascam, masyarakat umum juga bisa melaporkan pelanggaran yang terjadi kepada lembaga resmi yang sudah dibentuk. “Yang sudah dilantik kami juga berharap bisa bekerja dengan penuh dedikasi dan profesional. Agar Pemilu tanggal 13 Mei mendatang bisa berjalan dengan baik,” harapnya.

Sebelum dilantik, para anggota Panwascam itu melalui beberapa tahap perekrutan. Dari 53 orang yang mengambil formulir pendaftaran, melalui proses seleksi administrasi dinyatakan 51 orang lulus dalam pengumuman pada tanggal 26 Desember 2012 lalu. Lanjutnya, pada tanggal 29 Desember 2012 dilaksanakan ujian tulis yang hasil akhirnya memutuskan hanya 30 orang yang memenuhi syarat untuk mengikuti proses selanjutnya. Fit and propper test (uji kelayakan) menjadi tahapan terakhir yang dilalui sehingga menghasilkan 15 anggota panwascam yang dilantik pada hari itu. [BK]