Ijazah Kampus Tak Terakreditasi Ditolak Ikut CPNSD

Kota Bima, Kahaba.- Pasca aksi demo menuntut status akreditasi dilakukan mahasiswa Sekolah Tinggu Ilmu Ekonomi (STIE) Bima kemarin, Pemerintah Kota (pemkot) Bima melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) mempertegas bahwa ijazah perguruan tinggi yang belum terakreditasi tidak diterima untuk seleksi tes CPNSD.

Ilustrasi

Ilustrasi

Kepala BKD Kota Bima Drs. Muhtar Landa yang ditemui sejumlah wartawan di kantornya hari Selasa (22/1) menjelaskan,  jika beberapa tahun sebelumnya ijazah dari kampus yang belum terakreditasi masih dapat diterima dalam penjaringan atau dalam tes CPNSD, maka untuk seleksi mendatang hal itu tidak akan diperbolehkan lagi.

“Dulu karena syarat tersebut belum tercantum dalam ketentuan seleksi administrasi, maka ada beberapa yang masih memakai ijazah penyesuaian dalam melamar pekerjaan dan diloloskan. Tetapi tidak untuk tes CPNSD berikutnya,” kata dia.

Dijelaskannya, pemerintah saat ini akan memberlakukan aturan ketat yang dikeluarkan oleh Badan Administrasi Kepegawaian Negara (BAKN). Salah satunya adalah penetapan syarat Calon Pegawai Negeri Sipil harus merupakan alumni dari kampus-kampus yang terakreditasi. Keputusan BAKN tersebut sudah tidak bisa lagi diganggu gugat lagi, dan pastinya akan membatasi kesempatan alumni PTS yang belum terakreditasi untuk mengikuti tes CPNSD.

Selain persoalan akreditasi, Muhtar juga mengungkapkan, aturan baru itu juga akan membatasi kesempatan alumni dari perguruan tinggi yang berstatus kelas jauh. [BS]

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.
    • AM

      Soba,t sabar!!! kalau merasa ijazah dikeluarkan oleh kampus yang belum terakreditasi jangan berputus asa, tidak di terima jadi PNS bukanlah akhir dari segalanya. masih ada seribu jalan untuk bisa lebih baik. 

  1. AM

    Sobat, Sabar!!! kalau merasa ijazah di keluarkan oleh kampus yang belum terakreditasi, jangan berputus asa. dibalik semua kejadian ada hikmahnya. tenangkan dirimu karena dengan jiwa yang tenang kamu akan bisa berpikir jernih. masih ada seribu jalan utk bisa lebih baik.

    • AM

      Kenapa kamu menjajah dirimu sendiri di negerimu sendiri???orang lain tidak salah, diri kitalah yg salah. seharusnya kita kuliah menuntut ilmu untuk menjadi orang yang berpikiran terbuka dan maju tapi buka berpikiran tentang admistrasi yang telah kita bayar, kita berpikiran susahnya jadi PNS. Berapa banyak waktu,tenaga dan harta yang telah kita buang kalau hasilnya hanya mengeluh susahnya jadi PNS. JANGAN KAU JAJAH DIRIMU DI NEGERIMU SENDIRI DENGAN PIKIRANMU SENDIRI. Sobat…Sobat…aku selalu mengharapkan kebaikan untuk dirimu…untuk dou mbojo semua

  2. AM

    N.Marewo pernah bercerita pada waktu acara mahasiswa Bima di Parangtritis Yogyakarta tentang pengalamannya waktu di Jerman: “Di Jerman, susah mencari orang yang mau menjadi PNS”.

  3. AM

    Cina ro lenga, sae ro ari marilah kita mulai detik ini, hari ini untuk meluruskan niat kita dlm belajar/menuntut ilmu/kuliah bahwa kita Belajar untuk menghilangkan kebodohan pd diri kita,utk merubah cara pandangan/pola pikir kita dari pola pikir yg sempit/tertutup menjadi pola pikir yg luas/terbuka sehingga kita tidak perpikir lagi bahwa kita sekolah/kuliah hanya utk mencari ijazah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *