Polisi Akan Kawal Semua Calon Walikota

Kota Bima, Kahaba.- Untuk mengantisipasi resistensi berujung konflik pada Pemilukada Kota Bima mendatang, Polres Bima Kota Bima akan memberlakukan pengamanan ekstra di sejumlah titik rawan. Bahkan, setiap calon walikota yang telah ditetapkan KPU akan dikawal oleh personil polisi.

Kapolres Bima Kota, AKBP Kumbul KS S.IK SH,. Foto: Arief

Kapolres Bima Kota, AKBP Kumbul KS S.IK SH,. Foto: Arief

Pengamanan ekstra dalam perhelatan Pemilukada 2013 diterapkan sejak beberapa hari yang lalu, saat para calon kepala daerah itu mendaftar di kantor KPU Kota Bima. Menurut Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Bima Kota, sejak saat itu sejumlah anggotanya telah ditempatkan untuk mengawal jalannya prosesi pesta demokrasi itu. “Walaupun belum seluruh anggota kami kerahkan, untuk memastikan situasi pendaftaran aman dan terkendali kami terapkan pengawalan. Nanti akan ditingkatkan sesuai kebutuhan,” paparnya kepada sejumlah wartawan di kantornya Sabtu (9/2/2013) kemarin.

Lebih lanjut Kumbul menyebutkan, sekitar tanggal 26 Maret mendatang bertepatan dengan dimulainya masa kampanye para calon, seluruh anggota Kepolisian akan dikerahkan. Selain itu pihaknya juga akan dibantu dengan sejumlah aparat keamanan sipil seperti Pol-PP dan Linmas. “Total anggota yang dikerahkan nanti sebanyak 915 orang dengan jangka waktu hingga proses Pemilukada Kota Bima berakhir,” tambahnya.

Tidak hanya itu, Kumbul juga mengaku akan menerapkan pengawalan anggotanya pada setiap pasangan calon yang secara resmi ditetapkan KPU Kota Bima sebagai kontestan Pemilukada. Hal ini dilakukan untuk menjamin keamanan dalam pelaksanaan semua tahapan Pemilukada. “Ibarat seorang ajudan, anggota mendampingi pasangan. Kami tempatkan minimal dua orang polisi dengan sepengetahuan tim masing-masing calon,” ungkapnya.

Sementara itu untuk Pemilukada Gubernur Provinsi NTB yang lingkup kerjanya lebih luas, diakuinya pun tetap dilakukan pengamanan ekstra. Bahkan seluruh anggota, baik polisi maupun gabungan antara tim pengamanan dari pemerintah Kota dan Kabupaten Bima, diperkirakan akan turun sebanyak 1300 personil.

Ditambahkannya, tentu saja kondisi aman merupakan dambaan seluruh pihak. Karenanya Polres Bima Kota akan bersama dengan masyarakat menjaga proses demokrasi bisa berjalan dengan baik. [BK]

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *