Kabar Bima

Guru SMPN 7 Keluhkan Berkurangnya Honor

309
×

Guru SMPN 7 Keluhkan Berkurangnya Honor

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.-  Nominal honor dari dana bantuan Operasional sekolah (BOS) yang semakin lama semakin kecil diterima membuat sejumlah pegawai honorer dan sukarela di SMPN 7 Kota Bima mengeluh. Bagaimana tidak, dari Rp 400 ribu honor yang biasa mereka terima pada dua tahun lalu, kini berkurang drastis menjadi Rp 90 ribu.

Ilustrasi
Ilustrasi

Seperti yang diungkapkan oleh salah seorang guru non PNS setempat yang tidak mau ditulis namanya, pendapatan mereka dari honorarium dana BOS dari hari ke hari semakin tidak memadai. Jika tahun 2010 lalu, mereka bisa menerima sebanyak Rp400 ribu, tapi setiap tahunnya jumlah itu menyusut mulai dari Rp200 ribu pada tahun 2011, Rp120 ribu pada tahun 2012, kemudian di tahun ini turun hanya sebesar Rp90 ribu saja.

Guru SMPN 7 Keluhkan Berkurangnya Honor - Kabar Harian Bima

Dengan penurunan penghasilan tersebut, praktis para tenaga pengajar di SMPN 7 itu mengeluh. Mereka juga pernah menanyakan terkait pemangkasan honor kepada bendahara setempat, namun tak mendapatkan jawaban yang memuaskan dari pengelola keuangan sekolah itu. “Ketika kita tanyakan alasannya, tidak jelas jawaban mereka,” kata guru honorer itu, Rabu (20/2/2013).

Menurutnya lagi, kebijakan mengurangi jumlah honor tersebut menurutnya dilakukan sepihak, karena setiap pengurangan honor tidak disosialisasikan ke guru honor dan sukarela. “Biar bagaimanapun kami disini juga memiliki peran penting untuk memajukan dunia pendidikan di sekolah ini, tapi masalah honor itu kami tak pernah diberitahukan lebih awal” jelasnya.

Di tempat terpisah, Kepala Sekolah SMPN 07 Kota Bima, Ruslan, SPd, MSi yang ditemui di ruangannya Rabu kemarin menuding jika guru yang bersangkutan tidak tahu persoalan. Berkurangnya honor tersebut, karena berkurangnya dana BOS yang masuk ke sekolah.

Menurut Ruslan, berkurangnya dana BOS yang diterima sekolahnya dikarenakan jumlah siswa di SMPN 07 Kota Bima berkurang dari tahun-tahun sebelumnya. Jumlah siswa tahun 2013 berkurang menjadi 345 orang, dengan hitungan masuknya dana BOS per orang siswa sebanyak Rp710 ribu maka tahun ini sekolah hanya mendapatkan Rp61 juta dari program BOS.

Lanjutnya, pembagian dana BOS pun, lanjutnya, tidak diberikan semata-mata untuk membayar honor guru. Tapi juga untuk pemenuhan fasilitas belajar, infrastruktur serta diberikan kepada siswa yang tidak mampu untuk biaya transportasi.

Dikatakannya, kalau ada guru yang mengeluh akibat hal tersebut, dipastikannya guru tersebut jarang mengikuti rapat dan malas masuk mengajar. “Pada setiap kesempatan kami sering memberitahukan permasalahan dana BOS ini semua guru honor dan sukarela,” tambahnya. [BK]