SMAN 4 dan MAN 2 Kobi Melaju ke LCC Provinsi

Kota Bima, Kahaba.- SMAN 4 dan MAN 2 Kota Bima mencatat prestasi tersendiri dalam Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar Kebangsaan yang beberapa waktu yang lalu diadakan di SMAN 1 Kota Bima.  Masing-masing sebagai juara pertama dan runer up, kedua sekolah itu akan mewakili Kota Bima dalam lomba yang sama tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Ilustrasi. Sumber: mpr.go.id

Ilustrasi. Sumber: mpr.go.id

“Ini prestasi luar biasa, meski Runner Up, kami bangga bisa mewakili Kota Bima untuk berlomba di tingkat Provinsi NTB,” ujar Kepala Sekolah MAN 2 Kota Bima Drs. H. Syahbuddin, saat ditemui Selasa kemarin.

Ia mengungkapkan, mengikuti lomba cerdas cermat dengan materi UU, Pancasila, Tap MPR dan Bhineka Tunggal Ika itu merupakan pengalaman pertama untuk sekolahnya. Akan tetapi dengan persiapan matang dibawah pembinaan maksimal dua orang guru pembimbing masing-masing Drs. Marzuki dan Mahmudin, SPd, pihaknya berhasil meraih hasil yang tidak mengecewakan. “Kami sempat tertinggal, namun anak-anak didik kami berhasil mengejar ketertinggalan dan menjadi juara dua,” kisahnya.

Dengan bertenggernya sekolahnya sebagai runner up, secara otomatis MAN 2 Kota Bima akan ikut bersama juara pertama dalam lomba tingkat provinsi tanggal 16 Maret mendatang. Karenanya Syahbuddin mengaku akan mempersiapkan sepuluh orang anak didiknya itu lebih maksimal dari sebelumnya. Diantaranya dengan menggiatkan pengayaan agar para siswa menguasai materi-materi yang dilombakan tersebut.

Sementara itu, Humas SMAN 4 Kota Bima, Imran, S.Pd yang ditemui Selasa kemarin mengatakan, pihaknya saat lomba itu memperoleh poin sebanyak 200 dan menyisihkan MAN 2 dan SMAN 2 Kota Bima. “Kita akan tetap memaksimalkan kemampuan nanti pada saat lomba di tingkat Provinsi, agar bisa melaju ke tingkat Nasional,” jelasnya.

Mengenai persiapan, lanjutnya, sejak lima tahun lalu sekolahnya selalu mempersiapkan siswanya untuk mengikuti berbagai lomba. Dengan kemenangan tersebut, pihaknya akan menambah jadwal pembinaan kepada siswa, agar bisa meraih juara pertama pada tingkat yang lebih tinggi. “Konsepnya nanti kita akan All Out, dan akan mendalami semua soal yang berkaitan dengan mata lomba,” katanya

Ia juga menambahkan, dua orang siswanya beberapa hari yang lalu juga berhasil meraih juara pertama atas nama Haris Mafullah dan juara lima diraih oleh Syamsudin pada lomba karya ilmiah remaja di MTsN 1 Kota Bima.

Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar Kebangsaan bukanlah hal yang baru bagi duania pendidikan di Kota Bima. Bahkan pada tahun lalu SMAN 1 Kota Bima meraih prestasi tertinggi pada lomba ini dengan menjadi Juara Pertama Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar Kebangsaan Tingkat Nasional yang diadakan di gedung MPR-RI. Karenanya, SMA unggulan tersebut tidak lagi diikutkan dalam kompetisi tahun ini. [BK]

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *