594 Anggota PPK dan PPS Kabupaten Bima Dilantik

Kabupaten Bima, Kahaba.- Mengingat pelaksanaan Pemilu Tahun 2014 semakin dekat, maka diperlukan adanya pembantu KPU dalam penyelenggaraan pemilu di tingkat desa/kelurahan maupun tingkat kecamatan. Rabu (10/04), bertempat di Kantor KPU Kabupaten Bima,  594 orang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan PPS (Panitia Pemungutan Suara) yang beberapa waktu lalu terpilih , menjalani pelantikan.

Pelantikan PPK dan PPS Kabupaten Bima tanggal 10 April 2013. Foto: Humas Pemkab Bima

Pelantikan PPK dan PPS Kabupaten Bima tanggal 10 April 2013. Foto: Humas Pemkab Bima

Ketua KPU Kab. Bima Siti Nursusila, S.Ip, MM dalam laporannya mengatakan bahwa pelantikan ini berdasarkan Surat Keputusan Ketua KPU Kabupaten Bima No.004/Kpts/KPU.Kab/017.433852/IV/2013 tentang Pengangkatan dan Pengukuhan Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan dalam Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD dan DPRD Tahun 2014 dan Surat Keputusan Ketua KPU Kab. Bima No.005/Kpts/KPU.Kab /017.433852/IV/2013 tentang Pengangkatan dan Pengukuhan Anggota Panitia Pemungutan Suara dalam Pemilihan Umum Anggota DPR, DPD dan DPRD Tahun 2014.

Disebutkan juga bahwa jumlah anggota PPK untuk masing-masing kecamatan sebanyak 5 orang, sehingga total anggota PPK yang dilantik sebanyak 90 orang untuk 18 kecamatan dalam wilayah Kab. Bima. Sedangkan untuk PPS sebanyak 504 untuk 168 desa dengan masing-masing desa sebanyak 3 anggota PPS.

Terkait dengan jumlah PPS di desa yang berbeda dengan PPS pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur yang berjumlah 191 desa, hal ini dikarenakan sesuai dengan Surat Keputusan KPU No.55 Tahun 2013 tentang jumlah badan penyelenggara untuk Kab. Bima tahun 2014 tidak termasuk desa yang berdasarkan Perda Kabupaten Bima No 2 Tahun 2013.

“Namun KPU Kabupaten Bima dan Pemerintah Daerah akan berupaya akan adanya perubahan terkait Surat Keputusan KPU No 55 tersebut, dan pada hari Jumat mendatang KPU Kabupaten Bima dipanggil oleh KPU Pusat terkait dengan adanya desa yang tidak terakomodir sehingga mudah-mudahan desa-desa tersebut dapat diakomodir,”ujar Siti seraya melanjutkan dirinya berharap penuh para panitia yang baru saja dilantik itu agar tetap menjaga integritas dan independensinya serta bekerja secara sungguh-sungguh.

Bupati Bima H. Ferry Zulkarnain, ST dalam arahannya mengatakan bahwa kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bima agar turut mengsukseskan Pemilu ini. Dijelaskannya bahwa tugas para panitia sebagai penyelenggara dalam rangka proses pemilukada merupakan tugas yang sangat mulia dan sangat berat, karenanya mereka dituntut untuk mengedepankan sikap independensi dan transparansi.

Bupati atas nama pemerintah mengucapkan selamat bekerja dan berkarya bagi para panitia yang baru dilantik. ”Setelah pelantikan ini, maka anggota PPK dan PPS wajib mengabdi kepada negara dengan cara menyukseskan Pemilu 2014 mendatang,” ujarnya.

Selain Bupati Bima, acara pelantikan tersebut turut dihadiri pula oleh Ketua TP PKK Kabupaten Bima Hj. Indah Damayanti Putri, Ketua Panwaslu Kabupaten Bima Sukarman, SH, Kapolres Kabupaten Bima AKBP Dede Alamsyah, S.IK. [BQ*]

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *