Kembali, Jadwal UN SMA Dimundurkan

Kota Bima, Kahaba.- Seperti yang diberitakan sebelumnya, Ujian Nasional tingkat SMA/SMK/MA dan SMA-LB dijadwal ulang dengan alasan teknis pencetakan dan pendistribusian naskah soal untuk 11 provinsi. Namun, sebelum perubahan jadwal itu tersosialisasikan dengan baik kepada seluruh pelajar di Kota Bima, jadwal tersebut kembali diubah untuk kedua kalinya dengan alasan yang sama.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Bima, melalui Kasi Kurikulum, Drs. Taufik yang ditemui wartawan di kantornya Senin (15/4) pagi mengonfirmasi kebenaran atas kabar digesernya hari pelaksanaan ujian untuk kedua kalinya itu. Sebelumnya, berdasarkan surat Kemendikbud RI tertanggal 14 april 2013, ujian nasional tingkat SMA dan sederajat diundurkan dari hari ini (15/4/2013) dan Selasa besok menjadi hari Jumat (19/4) dan Senin (22/4).

Pada hari ini instansi yang mengurusi masalah pendidikan itu kembali mendapatkan surat  dari pihak BSMP bernomor 0017/SSDAE/IV/BSMP/2013 tentang pergeseran jadwal pelaksanaan UN di 11 propinsi di Indonesia.  Jelas Taufik, berdasarkan surat yang baru diterimanya itu UN hari pertama yang semula dijadwalkan pada Senin, 15 April 2013 diundur menjadi Senin, 22 April 2013. Adapun mata pelajaran yang diujikan pada hari pertama untuk SMA/MA/SMALB/SMK adalah Bahasa Indonesia, sedangkan untuk Paket C adalah Pendidikan Kewarganegaraan dan Bahasa Indonesia.

Pelaksanaan UN hari kedua yang semula dijadwalkan pada Selasa, 16 April 2013 diundur menjadi Selasa, 23 April 2013. Adapun UN hari ketiga yang semula dijadwalkan pada Rabu, 17 April 2013 diundur menjadi Jumat, 19 April 2013. Adapun UN pada hari Kamis, 18 April 2013 tetap dilaksanakan pada hari dan tanggal yang sama. Konsekuensi pengunduran jadwal UN Utama tersebut juga menyebabkan diundurnya jadwal ujian susulan. Semula dijadwalkan pada 22 April diundur menjadi 29 April.

Tambah Taufik, menindaklanjuti adanya pergeseran jadwal tersebut, pihaknya sudah menyampaikannya kepada seluruh sekolah untuk juga ditindaklanjuti kepada siswa yang akan mengikuti UN sehingga tidak terjadi salah informasi terkait adanya perubahan pergeseran jadwal kedua berdasarkan surat dari BSMP.

Apakah berpengaruh pada jadwal UN tingkat SD dan SMP, diakui Taufik pihaknya belum tahu pasti, karena belum ada informasi lebih lanjut baik dari pemerintah propinsi maupun pusat, apalagi jadwal UN tingkat SMP bersamaan dengan jadwal pergeseran tingkat SMA yaitu sama-sama pada Senin (22/4).

Dikatakannya juga, alasan perubahan kedua atas jadwal ujian ini masih berkutat pada permasalahan percetakan berkas soal di Jakarta. Selain NTB ada 10 Provinsi yang mengalami pergeseran jadwal UN tersebut yaitu Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Bali, Kalimantan Timur, dan Nusa Tenggara Timur. [BS/BQ]

Berikut Jadwal Ujian Nasional 2013 Untuk SMA/MA dan SMK:

Jadwal ujian nasional (UN) SMA 2013

Jadwal ujian nasional (UN) SMA 2013

Jadwal ujian nasional (UN) SMK 2013

Jadwal ujian nasional (UN) SMK 2013

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *