Paket Soal UN Kota Tiba, Dua Diantaranya Basah

Kota Bima, Kahaba.- Setelah mengalami penundaan jadwal pelaksanaan akibat kendala pencetakan soal, akhirnya Rabu (17/4) pukul 12.45 wita naskah soal UN untuk SMA dan sederajat tiba di Kota Bima. Dengan dikawal petugas kepolisian,  paket soal diturunkan dari mobil box PT. Pos Indonesia yang mengantarnya. Namun setelah diperiksa,  rupanya dua paket naskah soal ujian dan lembar jawaban untuk sekolah menengah atas setingkat Madrasah Aliah Negeri (MAN) dalam kondisi basah.

Paket Soal Un (ilustrasi) / Tribunnews

Ilustrasi. Foto: Tribunnews

Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (dikpora) Kota Bima, Drs. Alwi Yasin Map yang hadir dalam acara serah terima berkas soal di Mapolres Bima Kota menjelaskan kehadiran pihaknya juga dalam rangka memastikan soal-soal yang didistribusikan panitia provinsi tiba dengan aman.

Dengan datangnya naskah soal tersebut, dapat dipastikan mulai Kamis (18/4) esok pelaksanaan UN dapat dilaksanakan serentak. Sebelumnya,  beberapa kali pelaksanaan UN ditunda dan digeser karena masalah teknis percetakan.

Mengenai adanya dua dus soal yang basah, kata Alwi, pihaknya akan melakukan pemeriksaan untuk memastikan kondisi berkas soal. ”Kita periksa dulu, apakah hanya pembungkus paket ataukah soalnya ikut rusak,” ujarnya seraya menyebutkan paket soal yang terkena air terdiri dari soal untuk Madrasah Aliyah jurusan IPA, IPA, Bahasa dan Agama.

Untuk sementara naskah soal yang terkena air, sementara belum dapat dimasukan dalam gudang pengamanan naskah soal, akan lebih lanjut dilakukan pemeriksaan juga yang sangat urgen dalam memeriksa soal adalah jangan sampai soal yang terkena air tetap dapat terjaga kerahasiaanya dan yang diharapkan tidak rusak sehingga tidak lagi menggangu proses pelaksanaan UN yang sudah dijadwalkan.

“Setelah seluruh soal didistribusikan dari Mataram, tentunya sudah tidak ada lagi masalah dan pelaksanaan jadwal UN dapat dilaksanakan sesuai jadwal dari BSNP,” ujarnya.  [BS]

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *