Kabar Bima

Pendaftaran Caleg Kota Bima, PBB Jadi Yang Pertama

273
×

Pendaftaran Caleg Kota Bima, PBB Jadi Yang Pertama

Sebarkan artikel ini

Kota Bima, Kahaba.- Sejak dibukanya keran pendaftaran Calon  Legislatif (caleg) sejak tanggal 9 April lalu, KPU Kota Bima masih sepi pendaftaran. Uniknya, sebagai partai yang masuk kategori paling akhir ditetapkan KPU menjadi kontestan pemilu, Partai Bulan Bintang (PBB) Kota Bima menjadi partai pertama yang mendaftarkan 25 orang calon wakil rakyatnya.

DPC PBB Kota Bima menjadi pendaftar caleg pertama untuk Pemilu 2014
DPC PBB Kota Bima menjadi pendaftar caleg pertama untuk Pemilu 2014

Komisioner KPU Kota Bima, Gufran, MSi mengungkapkan, dibuka pada tanggal 9 April lalu, baru DPC PBB Kota Bima yang mendaftar dan menjadi peserta pertama. Berkas administrasi yang telah diterima dari 25 caleg tersebut akan diverifikasi dan diberitahu hasilnya pada tanggal 3 sampai 4 Mei mendatang. “Belum ada partai lain yang mendaftar selain PBB,” ungkapnya.

Pendaftaran Caleg Kota Bima, PBB Jadi Yang Pertama - Kabar Harian Bima

Sedangkan mengenai batas akhir pendaftaran, Gufran menyebutkan pemasukan nama-nama caleg dari partai peserta pemilu akan berakhir pada tanggal 22 April mendatang. Secara umum syarat yang ditetapkan KPU untuk pendaftaran adalah caleg yang bersangutan diajukan oleh partai politik, dan pada dapilnya diajukan sebanyak 100 persen.  “Selain itu pada setiap dapil, harus menyertakan sebanyak 30 persen keterwakilan perempuan,” tambahnya.

Ketua DPC PBB Kota Bima, Drs. Mukhtar Yasin, MAP mengungkapkan, pendaftaran yang dilakukan pihaknya berdasarkan petunjuk dalam sholat istikharah yang dilakukannya. “Caleg DPC PBB Kota Bima harus mendaftarkan diri pada hari Rabu kemarin. Petunjuk itu yang mengharuskan kami, semoga diberkahi Allah SWT,” harapnya ketika diwawancarai Kahaba Kamis (18/4).

Ia mengaku, walaupun partai bernomor urut 14 itu terhitung baru saja ditetapkan KPU pusat menjadi kontestan Pemilu 2014, di Kota Bima baru PBB yang menjadi peserta pertama mendaftarkan diri di KPU Kota Bima. Jangka waktu yang singkat sejak ditetapkan hingga pendaftaran dimaksimalkannya untuk menjaring 25 orang kader terbaiknya untuk diajukan sebagai calon legislator Kota Bima. “Sekali layar terkembang pantang surut kembali, itu prinsip kami,” ujarnya semangat.

Kata Mukhtar, secara keseluruhan, PBB mempersiapkan sebanyak 25 orang kadernya untuk mengikuti caleg di Kota Bima. Dengan rincian, Dapil I Kecamatan Asakota sebanyak lima orang, Dapil II Kecamatan Mpunda dan Kecamatan Rasanae Barat 11 orang dan Dapil III Kecamatan Raba dan Rasanae Timur sebanyak Sembilan orang.

Sebelum tiba di kantor KPU Kota Bima, rombongan pendaftar caleg dari DPC PBB Kota Bima sebelumnya melakukan konvoi keliling Kota Bima dengan mengendarai kendaraan roda dua dan roda empat. Kedatangan rombongan dari PBB disambut oleh sejumlah komisioner KPU Kota Bima. [BK]