Wakili NTB, Perpustakaan Desa Cempi Jaya Raih Juara Tingkat Nasional

Dompu, Kahaba.- Kabupaten Dompu kembali memberikan sumbangsih dan melakukan sesuautu yang hebat. Pasalnya, Perpustakaan Desa Cempi Jaya – binaan langsung Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Kabupaten Dompu – berhasil menjadi harapan satu tingkat nasional lomba Perpustakaan dan Kearsipan Tingkat Nasional.

Kepala DPKD Kabupaten Dompu, Rohyani bersama Kepala Perpustakaan Desa Cempi Jaya Syahri Suwandi saat menerima penghargaan Juara Harapan I Tingkat Nasional Lomba Perpustakaan Desa Tingkat Nasional di Jakarta.. Foto: Ist

”Hasil ini, merupakan wujud nyata dari kerja keras dalam melakukan pembinaan Pepustakaan Desa tersebut,” ungkap Kadis DPKD Dompu Rohyani, kemarin.

Ia memaparkan, sebelum mengikuti lomba tingkat nasional perpustakaan ini meraih juara pertama Lomba Perpustakaan Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Bulan April lalu. Kemudian, Perpustakaan Desa Cempi Jaya mewakili Provinsi NTB untuk mengikuti lomba di Jakarta dan bersaing dengan 18 Perpustakaan desa dan kelurahan yang terpilih dari 74 Ribu desa kelurahan se Indonesia.

”Ini merupakan bukti bahwa kehadiran perpustakaan desa banyak memberi pengaruh positif bagi warga setempat. Dan tingginya animo masyarakat terhadap akses informasi melalui buku bacaan dan internet desa,” terang pria berkacamata ini.

Keberadaan lembaga perpustakaan di tingkat desa dan kelurahan lanjut Rohyani, menjadi sesuatu yang penting dan bermakna karena di dalamnya dapat mengakses informasi yang bersifat ilmu pengetahuan, hiburan, rekreasi dan ibadah yang merupakan kebutuhan hakiki manusia.

”Perpustakaan itu adalah gudang ilmu pengetahuan, jadi siapa pun yang mau sukses dia harus rajin ke perpustakaan dan membaca,” tegasnya.

Pria yang akrab di sapa papi Yani ini menerangkan, keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan Bupati Dompu, H Bambang M Yasin, yang selalu mendukung program literasi dan akses informasi. Bupati Dompu telah mengeluarkan Instruksi Bupati Nomor. 041/04/DPKD/2018 ditujukan kepada seluruh OPD, BUMN/BUMD dan seluruh Kabag, agar wajib memberikan Buku Literatur Program Pembangunan Daerah guna melengkapi kualitas dan kuantitas bahan bacaan di DPKD.

“Dukungan berupa pembinaan dan bimbingan yang memadai dan berkualitas akan selalu kami tingkatkan. Sehingga kedepan bukan hanya Perpustakaan Cempi Jaya yang bisa menjadi wakil NTB tapi akan ada perpustakaan desa dan kelurahan lain yang akan mengikuti jejak ini,” harapnya.

Untuk diketahui, penyerahan hadiah berlangsung pada Kamis (6/9) di Hotel Orchadz, Jakarta. Hadiah diserahkan langsung oleh Kepala Perpustakaan Nasional RI, Muh Syarief Bando kepada Kepala Perpustakaan Desa Cempi Jaya, Syahri Suwandi. Hadiah yang diterima berupa piala, piagam penghargaan dan sejumlah uang tunai.

*Kahaba 09

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *