Kabar Dompu

Taman Nasional Tambora Resort Doro Ncanga Dilahap Api

383
×

Taman Nasional Tambora Resort Doro Ncanga Dilahap Api

Sebarkan artikel ini

Dompu, Kahaba.- Kawasan Taman Nasional Gunung Tambora, Resort Doro Ncanga terbakar sejak 2 hari hingga sore tadi.

Taman Nasional Tambora Resort Doro Ncanga Dilahap Api - Kabar Harian Bima
Tampak Petugas TMNGT bersama MMP, sedang berusaha memadamkan titip api dengan peralatan seadanya. Foto: Ist

Laporan yang terima media ini menyebutkan, kebakaran terjadi sejak Kamis (6/9) sekitar pukul 08.00 Wita, lalu. Petugas TN melakukan patroli dan pemantauan Taman Nasional Tambora bersama Masyarakat Mitra Polhut di sekitar Kantor Resor Doroncanga.

Taman Nasional Tambora Resort Doro Ncanga Dilahap Api - Kabar Harian Bima

“Terdapat titik api kebakaran di jalur pendakian Gunung Tambora jalur Doroncanga Timur, jalan sebelum Pos 2 jalur pendakian Doroncanga. Namun, petugas berhasil memadamkannya, ” ungkap Kepala SPTN II Taman Nasional Tambora, Wihandono Eki Sutopo.

Keesokan harinya, Jumat (7/9/2018) sekitar pukul 09.00 Wita. Petugas TN Bermasa MMP, melakukan patroli dan menemukan titik api di kawasan Taman Nasional Tambora Selter ke 2 sekitar 300 meter ke atas di sebelah kiri jalan dan berhasil di padamkan.

“Lagi-lagi kami berhasil padamkan,” jelasnya.

Kata Wihandono, pada hari Sabtu (8/9) petugas kembali memantau dan ternyata terdapat 4 titik api. Sekitar Lokasi Jalur Ternak pintu 4 yang jaraknya sekitar 10 KM. Terdapat titik api yang cukup besar.

“Kami berusaha memadamkannya, namun gagal,” ungkapnya.

Sementara itu, Kasat Polhut TMNGT, IPTU Saad membeberkan upaya pemadaman tersebut terkendala peralatan tidak memadai.

“Jarak yang cukup jauh untuk membawa air dan peralatan pemadaman JET SHOOTER,” tuturnya.

Sementara kendala lain, tidak adanya kendaraan memadai. Dikarenakan mobil Dinas TN rusak yang disebabkan amukan masa oleh beberapa orang pada bulan lalu.

Ia menjelaskan, lokasi titik api di Lereng Gunung Tambora tepatnya di atas Dusun Karya Sari Desa Soritatanga merupakan api yang sengaja dibakar oleh masyarakat yang hendak berladang atau pembersihan lahan.

“Padahal kawasan tersebut adalah kawasan Taman Nasional Gunung Tambora zona khusus,” ujarnya.

Pria akrab disapa Pua Saad ini menerangkan ada 4 indikasi terjadinya kebakaran. Dibakar dengan sengaja oleh beberapa oknum yang ingin menangkap ternak liar, dibakar oleh orang yang hendak mencari madu, dibakar oleh orang yang melakukan perburuan liar dan dibakar oleh masyarakat yang ingin membersihkan lahan pertanian dan perkebunan.

“Diperkirakan, luas kebakaran Taman Nasional Tambora Resor Doroncanga sekitar 30 hektar,” sebutnya.

*Kahaba 09