Kepala BKAD Dompu Dipercaya Pimpin NU

Kabupaten Dompu, Kahaba.- Setelah lama vakum, Pengurus Cabang Nadlatul Ulama (NU) Kabupaten Dompu Nusa Tenggara Barat, akhirnya memiliki kepengurusan baru. Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Dompu Muhibudin, dipercaya untuk menggawangi Pengurus Cabang NU Kabupaten Dompu periode 2018 – 2022.

Sekretaris Wilayah NU, H Lalu Winengan foto bersama dengan Ketua Cabang NU Dompu Terpilih, Muhibudin bersama Panitia Konfercab, usai terpilih Pengurus Baru NU Dompu. Foto: Ady

Awalnya sidang pemilihan kemarin sedikit diwarnai ketegangan. Sidang yang dipimpin H Lalu Winengan, Sekretaris Wilayah NU NTB ini, akhirnya bisa diterima. Sebab, Muhibudin sebelumnya tidak masuk bursa pencalonan Ketua Dewan Tanfidz NU Kabupaten Dompu.

Namun dalam Konfrensi Cabang NU Kabupaten Dompu, muncul beberapa nama seperti Ir H Fatkhurozi, anak dari KH Salman Faris yaitu H Abdul Razak dan mantan Ketua Ansor Kabupaten Dompu, H Burhanudin.

Dalam prosesnya, 2 orang yaitu H Abdul Razak dan H Burhanuddin mundur saat meminta istirahat dari Ketua Dewan Suriyah PC NU Dompu. Akhirnya, saat akan melakukan pemilihan dan saat penyampaian visi misi, H Fatkhurrozi juga memilih mundur dan mendukung H Muhibudin untuk dapat membesarkan NU Kabupaten Dompu.

Hal inilah yang memancing keributan, penyebabnya nama Fatkhurrozi sudah digadang-gadang 8 MWC Kabupaten Dompu.

“Penyataan H Fatkhurrozi untuk mendukung H Muhibudin menjadi Ketua, belum jelas. Jadi saya minta ada kejelasan,” tegas Rahmat Ismail, MWC Kecamatan Dompu.

Winengan, pimpinan sidang menjelaskan, pemilihan suara di NU itu selain voting, lebih mengedepankan musyawarah mufakat. Jadi apa yang dilakukan di Dompu, bisa menjadi Pelajaran bagi PC yang lain.

“Ya memang tegang, kan sudah selesai. Dan semua menerima dan akan bersama-sama membesarkan NU. Inilah NU, tidak gila jabatan, tapi kalau mendapat mandat, semua akan all out,” tegasnya.

Winengan menambahkan, Pengurus Wilayah NU NTB memberi waktu 2 pekan untuk ketua memilih dan segera menyusun kepengurusan agar SK PC NU Dompu agar segera diterbitkan. Dirinya juga meminta pelantikan yang ingin bulan Oktober nanti bisa dilaksanakan dengan menggelar tablik akbar. Saat pelantikan nanti, Winengan juga akan mengundang Ketua Umun PBNU, KH Said Agil Syirod.

Ketua Konfercab NU Kabupaten Dompu, H Abdul Gani mengatakan, selain memilih pengurus baru, Konfercab ini juga untuk kembali meneguhkan ukhuwah islamiyah di Kabupaten Dompu.

“NU yang merupakan Organisasi Islam yang berlandaskan Ahlusunnah Wal Jamaah, merupakan salah satu ornamen penting dalam menjaga keutuhan NKRI,” katanya.

Sementara, Ketua Karteker Pengurus Cabang NU Kabupaten Dompu, HM Ilham Israil mengumumkan pengaktifan Pengurus Cabang NU uagar amalan-amalan yang dijalankan NU bisa berjalan kembali. Ilham berharap, NU yang pernah besar di Dompu diera KH Salman Faris dan H Anas bisa berkembang lagi.

*Kahaba 09

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *