Program Beras Sejahterah Akan Diganti Uang Tunai

Kabupaten Dompu, Kahaba.- Program Beras Sejahterah (Rastra) yang ditujukan untuk masyarakat tidak mampu, akan digantikan dengan program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) pada akhir 2018 mendatang.

Kepala Dinas Sosial, Fahrurozi. Foto: Ady

”Bantuan yang awalnya berupa beras, sekarang diganti dengan uang dalam bentuk seperti kartu ATM. Dalam kartu tersebut tersedia saldo sebesar Rp 110 ribu,” ungkap Kepala Dinas Sosial Kabupaten Dompu Fahrurozi, Jumat (21/9).

Menurutnya, dengan uang tunai masyarakat penerima BPNT dapat membelanjakan saldonya di E-warung yang telah disediakan pemerintah, dan hanya bisa membelanjakan dalam bentuk beras dan telur.

”Hingga triwulan ketiga tahun ini, jumlah warga yang telah menerima bantuan Rastra sebanyak 19.356 orang,” sebutnya.

Ia menjelaskan, pihaknya akan menerima data warga yang tidak mampu dari rekomendasi kantor desa setempat. Setelah itu, akan segera melakukan input data pada Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial Next Generasi (SIKS-NG), untuk merealisasikan program bantuan BPNT tersebut.

“Kami akan mulai pengumpulan data pada 24 September, dan Insya Allah rampung akhir 2018,” paparnya.

*Kahaba 09

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *