Minggu Besok KPU Dompu Gelar Deklarasi Pemilu Damai

Kabupaten Dompu, Kahaba.- Demi terciptanya pemilu damai dan berintegritas, KPU Kabupaten Dompu menggelar rapat kordinasi (Rakor) persiapan deklarasi dan konvoi damai pemilu, di ruang aula kantor KPU Dompu, Jumat (21/9).

KPU Kabupaten Dompu menggelar rapat kordinasi (Rakor) persiapan deklarasi dan konvoi damai pemilu. Foto: Ady

Ketua KPU Kabupaten Dompu Rusdyanto mengungkapkan, deklarasi nantinya akan dilaksanakan pada hari Minggu (23/9) pukul 14.00 Wita, yang dirangkaikan dengan konvoi kendaraan bermotor.

“Untuk memantapkan persiapan itu, maka hari ini (Jum’at,red) kita adakan rakor meminta masukan, saran terkait dengan pelaksanaan dekalarasi dan konvoi tersebut.” Jelasnya, kemarin.

Sementara itu Komisioner KPU Kabupaten Dompu Devisi SDM dan Parmas, Suherman, mengatakan penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2019 adalah penyelenggaraan pemilu yang sangat kompleks permasalahannya seiring dengan berubahnya regulasi, sistem dan bertambahnya jumlah peserta pemilu.

Untuk itu, KPU mengajak semua pihak terutama peserta pemilu tahun 2019 secara bersama membangun komitmen untuk menyelenggarakan pemilu secara langsung umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

“Komitmen tersebut kita tuangkan dalam naskah deklarasi yang nantinya kita baca dan tandatangani bersama,” jelasnya.

Menurut Herman, komitmen pemilu damai yang telah disusun memuat beberapa poin penting. Diantaranya komitmen mewujudkan pemilu yang luber dan jurdil, menolak dan melawan politik uang, politisasi sara dan hoax, menjaga keamanan, ketertiban, dan kenyamanan pada setiap tahapan penyelenggaraan pemilu.

”Dan  juga komitmen untuk menyelesaikan setiap persoalan, melalui musyawarah atau jalur hukum sesuai dengan ketentuan perarundang-undangan yang berlaku,” bebernya.

Dalam rakor tersebut, dihadiri Sekretaris daerah, Asisten 1, Kapolres, Dandim 1614, Sat Pol PP, Pimpinan partai politik dan Bawaslu Dompu. Peserta pemilu tahun 2019 yang berlangsung aman dan lancar itu telah disepakati beberapa hal diantaranya bahwa semua peserta rakor sepakat melaksanakan deklarasi dan konvoi, menyepakati rute konvoi adalah start di Kantor KPU Kabupaten Dompu menuju Woja, Manggelewa dan finish di Kempo dengan ketentuan setiap partai politik menggunakan maksimal 5 mobil.

*Kahaba 09

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *