Besok Hadir dan Sukseskan Festival Ekraf Dou Dompu

Kabupaten Dompu, Kahaba.- Pemerintah Kabupaten Dompu bekerjasama dengan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) RI, akan mengadakan Festival Ekonomi Kreatif Dou Dompu, tanggal 27 – 28 September. Festival ini merupakan perwujudan dari program jangka panjang Inovatif dan Kreatif melalui Kolaborasi Nusantara (IKKON).

Tim IKKON Dompu foto bersama dengan beberapa perajin dan kelompok tenun. Foto: Ady

“Event ini merupakan purwarupa karya kepada khalayak Dompu sebagai bagian dari apresiasi dan perayaan terhadap kolaborasi yang telah berlangsung selama 5 bulan lamanya,” ungkap Humas Festival Ekraf Dou Dompu, Trisa Melati saat ditemui media ini, Kamis (27/9).

Menurutnya, meskipun kegiatan ini merupakan acara puncak dari IKKON, kolaborasi dan kegiatan tidak akan berhenti. Karena hari ini adalah pembuka lembaran baru untuk berbagi dan berkarya di masa yang akan datang, sesuai dengan harapan dan semangat yang terkandung dalam diri Dou Dompu.

Ia menjelaskan, IKKON merupakan program unggulan BEKRAF RI. Program ini dilaksanakan di 5 Kabupaten dan Kota seluruh Indonesia yang telah melalui proses seleksi. Pada tahun 2018, Dompu terpilih menjadi satu-satunya perwakilan di NTB.

“Melalui program IKKON, diharapkan dapat tercipta pengembangan karya-karya kreatif baru, yang dapat memperkaya khazanah desain dan karya disetiap daerah,” harapnya.

Kata dia, program IKKON terbagi atas 4 kunjungan dengan muatan yang dinamis, dimulai dengan survei untuk untuk memetakan potensi ekonomi kreatif berikut pemangku kepentingan yang terdapat di Dompu.

Sepanjang program, Pemerintah Daerah Dompu telah membantu memfasilitasi tim IKKON dengan menghubungkan ke berbagai perajin, melakukan audiensi, hingga terlaksananya festival di penghujung program. Kolaborasi dalam pembuatan purwarupa produk khususnya dilaksanakan bersama berbagai kelompok, antara lain perajin kayu di Manggelewa dan Woja, penenun di Mangge Asi dan Ranggo, perajin Beton di Ginte, komunitas pemuda di Dorotangga, SMKN 1 Dompu, dan SMKN 1 Manggelewa.

Di bidang seni pertunjukan, kolaborasi dengan Sanggar Nggahi Rawi Pahu dan Mada Ntana telah menelurkan kreasi tari baru yang berakar pada budaya Dompu. Tak hanya itu, pelaksanaan festival juga dimungkinkan oleh kolaborasi dengan berbagai komunitas, seperti Makka Dana Dompu, Tangan Di Atas (TDA), Sarangge Community, Gong 2000, We save, Salaja, AkeDompu, FPPKD Doro Tangga, beberapa kelompok Sanggar tari, Perajin dan Kelompok tenun

Adapun rangkaian kegiatannya diantaranya, Pameran IKKON, Pemutaran Video IKKON dou, Worshop kerajinan kulit jagung, Pertunjukkan tari tradisional dan kontemporer, Talkshow tentang tenun dan Fashion, Talkshow tentang furnitur dan dekorasi, Fashion show, Pemetasan budaya, pentas musik, percussion dan bazaar dan pameran kuliner.

*Kahaba 09

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *