Disalahkan Karena Hutan Gundul, HBY: Dompu Akan Jadi Daerah Terkaya di NTB

Kabupaten Dompu, Kahaba.- Bupati Dompu H Bambang M Yasin (HBY) mengomentari soal pemanfaatan kawasan hutan oleh masyarakat (petani) untuk menanam jagung. Itu disampaikan Bupati menyusul adanya pesan yang dikirim melalui WhatsApp-nya.

Bupati Dompu H Bambang M Yasin. Foto: Ist

“2 – 3 tiga hari ini untuk diketahui, saya sering terima pesan melalui WhatsApp, yang mengatakan panasnya dunia hari ini. Saya pun menjawab, saya tidak pernah menyuruh menambah panas bumi dengan jagung, karena saya tidak menikmati harga jagung,” ungkapnya saat ditemui SMKN 1 Dompu, kemarin.

Bupati mengaku, dirinya dituding sebagai sumber gundulnya hutan. Tapi dirinya tidak pernah menyuruh masyarakat masuk ke kawasan hutan.Tapi semua ini karena kebutuhan, uangnya banyak sehingga petani mau mengembangkan jagung.

“Kalau diijinkan nanam jagung di halaman sekolah ini, pasti orang mau menanam jagung di halaman sekolah,” katanya.

Ia mengungkapkan, Dahlan Iskan sudah 3 kali mengunjungi Kabupaten Dompu. Bahkan, Dahlan memberikan penghargaan kepada dirinya sebagai Bupati Gila.

“Bahkan saya mendapat trofi dari media (Jawa Post) sebagai Bupati Gila,” ungkapnya.

Diakui Bupati dua periode di Bumi Nggahi Rawi Pahu ini, ia dikatakan gila karena waktu itu dirinya berhasil mengembangkan jagung di Dompu dari Nol Ton menjadi 800 sampai 1 Juta Ton per-Tahun. Karena ini pun kata dia, Indonesia berhasil berhenti impor jagung.

“Jagung Dompu menjadi provokator yang menghentikan Indonesia inpor jagung. Dan sekarang Dompu 3 tahun terakhir ini melakukan ekspor secara rutin ke Filipina,” jelasnya.

Tidak hanya itu, HBY juga menyebut, pihak dari Kementerian Daerah Tertinggal merasa tidak sah pidatonya kalau tidak menyebut nama Kabupaten Dompu. Bahkan, Kementerian Daerah Tertinggal selalu mengambil Kabupaten Dompu sebagai sampel keberhasilan program dimaksud.

“Jadi fokus komuditas jagung dan sapi ini yang membuat pekerjaan kami di Pemda Kabupaten Dompu terlihat hasilnya dan memang sangat special,” terangnya.

Bupati menambahkan, dengan program yang fokus ini pihaknya bisa menurunkan angka kemiskinan rata-rata 1,2 persen per tahun. 6 atau 7 tahun lalu, Kabupaten Dompu adalah kabupaten termiskin di NTB.

“Tapi nanti Kabupaten Dompu akan jadi kabupaten terkaya di NTB,” ucapnya.

Bupati menyakini, kedepan Kabupaten Dompu adalah kabupaten pemegang rekor tukang belanja terkuat di NTB. Sekarang saja Kabupaten Dompu nomor 2 dengan daya beli di NTB.

Dia menambahkan, semua pencapaian ini merupakan hasil kerja bersama semua dalam mengelola kebijakan yang fokus dengan komuditas utama jagung dan sapi.

“Mudah-mudahan dengan makin sering pertemuan seperti ini akan terus meng-inspirasi kita dan kita diskusikan apa yang harus kita lakukan untuk Dompu, Indonesia,” tambahnya.

*Kahaba-09

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *