Tahun Depan, Dana Desa Dompu Naik Hingga Rp 70,794 Miliar

Kabupaten Dompu, Kahaba.- Dana Desa (DD) untuk Kabupaten Dompu untuk tahun 2019 meningkat hingga Rp70,794 Miliar. Kendati sudah ada alokasi untuk DD, namun alokasi setiap desa akan disampaikan melalui mekanisme penentuan pembagian DD dari pemerintah pusat.

IlustrasiDan 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Dompu H Supardi mengungkapkan, alokasi DD setiap kabupaten sudah diterbitkan pemerintah dan desa. Di Kabupaten Dompu mendapat alokasi Rp70,794 Miliar.

”Ini murni untuk DD, tidak ada kaitan dengan anggaran kelurahan,” katanya, Selasa (6/11).

Kendati belum ada pembagian DD, pihaknya sudah menyampaikan ke desa untuk menyiapkan program kegiatan tahun 2019, berdasarkan alokasi anggaran tahun 2018. Ketika ada peningkatan, jumlahnya tidak akan jauh berbeda dibandingkan tahun 2018.

Termasuk program yang tetap menjadi prioritas tahun 2019 yaitu pengentasan kemiskinan. Diantaranya perbaikan rumah tidak layak huni atau rumah warga miskin serta sanitasinya.

“Untuk penanganan kemiskinan tetap menjadi prioritas. Diantaranya program renovasi rumah tidak layak huni minimal 15 unit,” sebutnya.

Pria berkacamata ini juga mengatakan, penyusunan APBDes tahun 2019 tetap mengacu pada Permendes Nomor 16 Tahun 2018 tentang prioritas penggunaan dana Desa tahun 2019. Demikian perbaikan rumah tidak layak huni, masuk di Permendes No 16 tahun 2018. Hasil musyawarah dusun dan desa juga harus jadi pertimbangan dalam program kegiatan di APBDes.

*Kahaba-09

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *