Obama Hampir Dipastikan Menang Pilpres AS

Washington DC, Kahaba.- Barrack Obama hampir pasti kembali menjabat presiden AS untuk kedua kalinya. Pemilihan umum presiden AS yang dimulai selasa pagi (6/11/2012) telah mendekati tahap akhir penghitungan suara. Obama untuk sementara unggul atas rivalnya Mitt Romney dari Partai Republik. Meski belum seluruhnya suara terhitung, Rabu, 7 November 2012, sejumlah media internasional terkemuka melansir Obama akan terpilih sebagai presiden AS yang ke 45.

Obama hampir dipastikan terpilih kembali menjadi Presidan AS. Gambar: Siliconerepublic.com

Dari data yang berhasil Kahaba kumpulkan sejauh ini hingga pukul 11.50 WITA, media-media seperti Guardian, Huffington Post,  Reuters, CBS, Fox, NBC, dan sejumlah media lainnya secara tidak resmi telah ‘memproklamirkan’ Barack Obama sebagai pemenang hingga pengumuman dari penyelenggara Pilpres AS resmi dipublikasikan. Obama unggul dalam electoral vote kurang lebih 270 suara berbanding 203 suara yang diraih oleh Romney.

Pemilihan presiden AS terbilang unik. AS  menggunakan system 2 jenis suara yakni popular vote dan electoral college (vote) dengan bobot yang sangat berbeda. Calon presiden dengan jumlah minimal electoral vote 270 dapat terpilih sebagai presiden meskipun kalah pada popular vote. [AA]

Sumber: Reuters, Guardian, Huffington Post

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *