Wartawan se-Bali Nusra Ikut Pelatihan Berita Ekonomi

Manggarai Barat, Kahaba.- Dalam rangka memahami tentang penulisan berita ekonomi dan keuangan, puluhan wartawan se Bali dan Nusra mengikuti kegiatan  yang dilaksanakan oleh Bank Indonesia di Hotel La Prima Desa Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat. Acara yang di helat mulai tanggal 19 September sampai dengan 21 september mendatang.

Ilustrasi

Ilustrasi

Kepala Perwakilan BI Wilayah III Bali dan Nusra, Dwi Pranoto mengatakan, acara tersebut merupakan kegiatan silaturrahmi antara BI dan wartawan. Dengan tujuan, agar bisa bersama – sama menjalankan tugas dan saling membantu untuk sejahterahkan masyarakat indonesia. “Kami berharap pada kegiatan ini bisa terbangun  opini – opini positif yang akan berpengaruh pada perkembangan ekonomi indonesia ke-depan,” harapnya.

Kata dia, BI adalah lembaga negara yang memiliki kontribusi untuk menyejahterakan  masyarakat Indonesia. Media dan Wartawan pun juga memiliki tugas yang hampir sama, dengan pertemuan dan diskusi mengenai ekonomi keuangan tersebut, memberikan pemahaman kepada wartawan tentang tata cara penulisan berita ekonomi dan keuangan. “Jika wartawan paham tentang apa yang ditulis. Maka pembaca juga akan mudah memahaminya,” terangnya.

Deputi Direktur Komunikasi BI Jakarta,  Edi Hariyanto yang menyampaikan materi tentang Desiminasi Kebijakan BI lebih mengajak peserta untuk berdiskusi tentang dasar dasar ekonomi dan perbankan. Seperti menjelaskan tentang inflasi yang jumlah uang yang beredar di masyarakat banyak sehingga daya beli meningkat, Sehingga harga2 naik, serta tentang BI rate atau suku bunga BI.

Tidak hanya itu, ia juga menyampaikan tugas BI seperti memelihara kebijakan rupiah, atau Moneter, agar tetap stabil. Kemudian menjaga inflasi. “Kebijakan BI juga, menghadapi ekonomi Global agar rupiah tetap stabil,” Katanya.

Edi mengaku, pihaknya sering menggelar acara seperti ini, namun lebih sering di Jakarta. Dan baru kali ini digelar diluar daerah. “Pada intinya, tujuan kegiatan ini, dengan siaran pers saja, ada yng tidak mengerti, tapi kalau bertatap muka dan sharing, maka pemberitaan akan bagus. Karena dimengerti,” Tandasnya.

Acara akan berlanjut dengan materi materi yng berbeda. Seperti sharing pengalaman succes story di dunia jurnalistik, serta Desiminasi perkembangan MP3EI. [BK]

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *