Banyak Sekolah Tidak Memiliki Perpustakaan

Jakarta, Kahaba.- Keberadaan perpustakaan sebagai fasilitas pendukung pendidikan sangat penting dalam peningkatan kegiatan belajar mengajar. Perpustakaan sekolah harus mampu menyediakan fasilitas yang memadai terutama dari segi koleksi buku sebagai referensi belajar. Saat ini, sebanyak 76.478 sekolah dari jenjang SD hingga SMA atau yang sederajat, belum memiliki perpustakaan. Hal ini harus diupayakan menjadi lebih baik, karena perpustakaan adalah sarana standar yang harus ada di sekolah dengan tujuan meningkatkan mutu pendidikan.

Ilustrasi

Seperti yang dikutip dalam Kompas.com, Kepala Perpustakaan Nasional Sri Sularsih di Jakarta, Minggu (7/10/2012), mengatakan, pengadaan perpustakaan sekolah menjadi tanggung jawab Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Dengan alokasi pendidikan nasional yang semakin meningkat, seharusnya keberadaan perpustakaan di sekolah juga meningkat, termasuk koleksi bukunya. Menurut Sri, perpustakaan sekolah harus dikembangkan. Sesuai dengan amanat Undang-Undang Perpustakaan, sekolah harus mengalokasikan 5 persen Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah untuk meningkatkan koleksi perpustakaan.

Lebih dari 50 persen SD, yakni 55.545 sekolah, belum memiliki perpustakaan. Di SMP, 12.029 sekolah belum mempunyai perpustakaan. Adapun di jenjang SMA/SMK, 8.904 sekolah tidak memiliki perpustakaan.

Pada tahun 2012, pemerintah direncanakan akan membangun 9.442 perpustakaan. Sedangkan pada tahun 2013 nanti, direncanakan akan dibangun 1.500 perpustakaan, demikian penjelasan Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Kemdikbud Suyanto.

Untuk jenjang SMP, sebanyak 20.540 sekolah (63 persen) sekolah sudah memiliki perpustakaan. Jumlah perpustakaan yang cukup besar terjadi di sekolah-sekolah SMK. Dari data 9.875 SMK, hanya 4.362 sekolah (kurang dari 50 persen) yang memiliki perpustakaan, sedangkan sebanyak 5.513 sekolah tidak memiliki perpustakaan.

Dari sebanyak 11.535 sekolah pada tingkat SMA, hanya 8.144 sekolah yang telah memiliki perpustakaan. Sedangkan sebanyak 3.391 sekolah belum memiliki perpustakaan.

Ketua Umum Ikatan Penerbit Buku Indonesia Lucya Andam Dewi mengatakan, pemerintah mendukung berbagai upaya peningkatan minat baca masyarakat. ”Perpustakaan sekolah jadi salah satu cara potensial untuk membangun minat baca di kalangan siswa, yang jumlahnya puluhan juta orang,” ujar Lucya. [Kompas.com/DH]

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *