Banjir Rendam Dua Kecamatan di Dompu

Dompu, Kahaba.- Banjir bandang melanda dua kecamatan di Kabupaten Dompu. Akibat meluapnya tiga sungai di wilayah itu pada hari Kamis (14/2/2013) sore, genangan air hingga setinggi dua meter melanda perkampungan, lahan pertanian dan memutuskan akses transportasi darat.

Ilustrasi

Ilustrasi

Koordinator Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Dompu Abdul Khair mengonfirmasi, air bah yang menerjang sejak sekitar pukul 17.00 Wita tadi hingga tengah malam masih menggenangi dua kecamatan yaitu Kecamatan Woja dan Kecamatan Dompu.

Dijelaskannya, hujan yang selama tiga jam mengguyur Dompu dan sekitarnya menyebabkan tiga sungai, yaitu sungai Sori Silo, Raba Laju dan Sori Soa meluap.

Sejumlah kelurahan yang dilaporkan terendam banjir diantaranya Kelurahan Potu, Kelurahan Simpasai, Kelurahan Kandai Dua, juga Kelurahan Wawonduru dengan kedalaman air berkisar antara lima puluh sentimeter hingga dua meter.

“Tidak hanya pemukiman penduduk, ratusan hektare lahan pertanian juga terdampak, terancam gagal panen akibat terjangan banjir,” ungkap Khair.

Dilaporkan juga sejumlah jalan penghubung tak bisa dilewati kendaraan. Jalan di kelurahan Kandai Dua misalnya, banyak kendaraan roda dua mogok ketika mencoba menembus genangan air.

Sementara itu, Sirajudin warga warga desa Wawonduru Kecamatan Woja melaporkan hingga pukul 23.00 WITA malam tadi belum ada bantuan pemerintah setempat terhadap para warga yang kebanjiran. Untuk sementara mereka hanya bisa pasrah melewatkan malam hari ditengah genangan air yang masuk ke dalam rumahnya.

“Belum satu pun bantuan pemerintah yang sampai, sekarang kami hanya bisa menyelamatkan barang-barang dan perabotan ke tempat yang lebih tinggi,” kata dia. [CN*/BQ]

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *