Persiapan FKN Bima Sudah 70 Persen

Kabupaten Bima, Kahaba.- Festival Keraton Nusantara (FKN) tinggal hitungan hari. Tepatnya, perhelatan akbar budaya nasional itu akan dimulai tanggal 6 September – 9 September nanti. Puluhan undangan, baik dalam negeri maupun luar negeri sudah mengabarkan kedatangannya.

Panggung Utama FKN Bima terus dibenahi. Foto: Bin

Panggung Utama FKN Bima terus dibenahi. Foto: Bin

Museum ASI Bima dan sekitarnya pun kini tengah dibenah, mempersiapkan segala hal untuk menyambut kegiatan dua tahun sekali tersebut. “Alhamdulillah persiapan kita sudah sekitar 70 persen,” ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bima Drs. Syafruddin HA, Rabu (27/8).

Saat ditemui di Museum ASI Bima, ia mengaku panitia harus bekerja keras. Pasalnya kegiatan sudah semakin dekat. “Kami harus memastikan dua tiga hari sebelum kegiatan, persiapan sudah rampung,” katanya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bima Drs. Syafruddin HA. Foto: Bin

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bima Drs. Syafruddin HA. Foto: Bin

Dari semua persiapan, yang paling butuh waktu sedikit lama yakni panggung dan dekorasi Museum ASI, kemudian akomodasi. “Jumlah penginapan sangat terbatas, kita sudah kerjasama dengan pemerintah Kota Bima untuk sewa rumah layak huni,” tuturnya.

Demikian pula untuk persiapan lain, lanjut mantan Kepala Kesbanglinmaspol Kabupaten Bima itu, seperti cinderamata, konsumsi, pasukan kirab, dan pelibatan mahasiswa untuk penerima dan mendampingi tamu undangan.

“Untuk mahasiswa semua sudah diberikan arahan dan latihan. Bagaimana harus bersikap dan melayani, dan pengetahuan tentang Bima,” terangnya.

Mengenai anggaran, Pemerintah sudah menyepakati sebesar Rp 2,1 Miliar. Penggunannya pun sudah diserahkan ke masing –masing seksi acara, untuk dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

Sementara tamu undangan, sekitar 50 kesultanan dan kerajaan, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

“Yang sudah mendaftar diatas 50 kerajaan dan kesultanan, yang sudah pasti dengan jadwal kedatangan, 40 lebih. Diluar negeri, sekitar enam tamu. Dari PBB dan forum bangsawan sedunia juga bakal hadir,” sebutnya.

Ia pun berharap kepada seluruh masyarakat Bima, baik Kabupaten dan Kota, agar mendukung suksesnya kegiatan tersebut. “Ini acara kita rakyat Bima. Kita meriahkan, kita dukung dan kita sukseskan pelaksanaannya,” harap Syafruddin.

*BIN

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *