Welcome Dinner, Tandai Pembukaan FKN ke IX

Kabupaten Bima, Kahaba.- Festival Keraton Nusantara (FKN) Bima ke IX di Museum ASI Bima mulai dilaksanakan, Sabtu (6/9), sekitar pukul 20.00 WITA (Baca. Malam Ini, FKN Bima Siap Dihelat). Agenda awal kegiatan, puluhan Raja dan Sultan bersama jajarannya menikmati Welcome Dinner diiringi tarian dan musik khas daerah Bima.

Para Raja dan Sultan foto besama setelah penyerahan Cinderamata FKN ke IX di Bima. Foto: Bin

Para Raja dan Sultan foto besama setelah penyerahan Cinderamata FKN ke IX di Bima. Foto: Bin

Pantauan Kahaba, sekitar pukul 19.00 masyarakat Bima sudah mulai memadati depan Museum ASI. Kendati tidak diijinkan masuk, masyarakat Bima nampak antusias menyaksikan kedatangan para Raja dan Sultan beserta rombongan.

Walikota Bima HM. Qurais H. Abidin dalam sambutannya mengaku sangat bangga dan bahagia memberikan sambutan dan menjadi peserta dan kegiatan tersebut.

“Ini menjadi sejarah tersendiri dan motivasi kami untuk terus mengangkat dan tumbuhkembangkan jati diri dan budaya daerah,” ujarnya.

Suasana makan malam acara FKN Bima. Foto: Bin

Suasana makan malam acara FKN Bima. Foto: Bin

Kata Qurais, sebagai daerah yang besar dan tumbuh dari budaya, Bima tetap terus berupaya menjaga kebudayaan. Baik itu melalui pentas, lomba dan pawai, sehingga kini masih terus terjaga dan lestari.

“Harapan kami, para tamu yang hadir berkenan bisa mengenal Bima lebih dekat dari peninggalan budaya, sejarahnya, dan kulinernya,” harapnya.

Ia juga menyampaikan permohonan maaf kepada para Raja dan Sultan, dari kegiatan tersebut sekiranya menemukan kekurangan dan keterbatasan.

Sementara itu, Ketua Majelis Adat Sara Dana Mbojo Dr. Hj. St. Maryam, SH dalam sambutannya mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan melestarikan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal. “Kami merasa sangat bangga dan bersyukur dengan kedatangan tamu undangan ini,” tuturnya.

Penyerahan Cinderamata FKN Bima. Foto: Bin

Penyerahan Cinderamata FKN Bima. Foto: Bin

Perempuan yang juga dijuluki Ruma Bumi Partiga itu menjelaskan, FKN digelar di Bima karena mendapat amanat dan penunjukan langsung dari para Raja dan Sultan pada FKN Tahun 2012.

“Meski yang kami sajikan ini sangat sederhana, mohon maaf dengan segala kekurangannya. Tapi kami melaksanakan dan menerima kedatangan tamu ini dengan segala keikhlasan,” ucapnya.

Maryan pun berharap, dengan adanya kegiatan tersebut, semoga semakin memperkenalkan generasi penerus kepada Nilai nilai budaya, serta bisa melihat Indonesia dalam bentuk kebudayaan dan keseniannya.

Usai sambutan, acara lalu dilanjutkan dengan penyerahan Plakat dari Bupati Bima dan Walikota Bima ke Ketua Majelis Adat Sara Dana Mbojo, kemudian penyerahan cinderamata dari empat Sultan Cirebon, dilanjutkan dari Sultan Palembang atas nama Ketua Yayasan Raja Sultan Nusantara.

Lalu penyerahan Cinderamata Kesultanan Mindanau Filipina, dan dari Kesultanan Selangor Malaysia serta diakhiri penyerahan kalung dan cincin dari Sekjen Bangsawan Dunia.

*Bin

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *