Festival Kopi Tambora Digelar

Kabupaten Bima, Kahaba.- Festival Kopi Tambora Senin (20/10) digelar di Desa Oi Bura Kecamatan Tambora Kabupaten Bima. sebanyak 13 warga dari Desa setempat nampak antusias mengikuti kegiatan dimaksud. (Baca. Festival Kopi Tambora Siap Digelar)

Peserta saat menggoreng Kopi pada Festival Kopi Tambora. Foto: Bin

Peserta saat menggoreng Kopi pada Festival Kopi Tambora. Foto: Bin

Yang dilombakan pada festival itu yakni merebus dan meracik jenis kopi rebusta, meski ada jenis kopi lain yang juga dibudidayakan di kebun Kopi tersebut. Sementara yang dinilai, proses penggorengan dan rasa hasil racik kopi.

“Ini kegiatan tahunan untuk promosi Kopi Tambora dan merangsang untuk menumbuhkan ekonomi lokal,” ujar H. Muslih, Kabid Pengembangan Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bima.

Warga saat menumbuk kopi yang selesai digoreng. Foto: Bin

Warga saat menumbuk kopi yang selesai digoreng. Foto: Bin

Kata dia, beberapa tahun sebelumnya juga dilaksanakan festival yang sama, hanya saja skalanya masih lokal. Namun kedepan, pihaknya sangat berkeinginan untuk menggelar festival kopi dengan skala besar.

“Penyelenggaraan kegiatan ini tentu harus disesuaikan dengan kondisi keuangan daerah. Yang baru bisa kita lakukan sekarang, hanya skala lokal,” jelasnya.

Kendati demikian, promosi kopi Tambora tetap dilakukan dipameran luar daerah. Hasilnya, tetap laku terjual dan banyak yang diminati. “Kopi Tambora memiliki rasa yang nikmat, aroma sedap dan tidak berdampak pada lambung,” katanya.

Kopi yang digoreng. Foto: Bin

Kopi yang digoreng. Foto: Bin

Sementara salah seorang peserta, Amina mengaku senang bisa mengikuti festival kopi. “Membuat kopi sudah menjadi kebiasan kami sehari – hari,” tuturnya sembari menggoreng kopi.

Ia berharap, pemerintah juga bisa mengadakan kegiatan itu lebih besar lagi, agar orang diluar Bima bisa datang ke Tambora dan menikmati kopi hasil racikan warga setempat.

*Bin

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *