Persiapan Pelantikan Jena Teke Sudah 80 Persen

Kota Bima, Kahaba.- Ketua panitia acara pelantikan Jena Teke, A. Karim mengakui hingga sat ini, persiapan acara tersebut sudah 80 persen. Yang tersisa hanya menambah sejumlah kekurangan – kekurangan properti.

Ketua panitia pelantikan Jena Teke, A. Karim. Foto: Ady

Ketua panitia pelantikan Jena Teke, A. Karim. Foto: Ady

“Alhamdulillah persiapan sudah masuk 80 persen. Tinggal menambah tenda dan paruga, dan dibenahi beberapa kekurangan. Sementara yang lain sudha rampung,” ujarnya saat ditemui di Museum ASI Mbojo, Jumat (16/9).

Hingga saat ini pun, sejumlah latihan tetap dilaksanakan. Seperti anak anak yang akan menari Massal Tarian Lenggo, dan Tarian Manca. Kemudian pertunjukan lain seperti Mpa’a Sampari, Soka Sari dan  Hadrah.

“Besok pagi dijadwalkan pelaksanaan gladi kotor dan gladi bersih. Kita berharap semoga tidak ada hambatan yang berarti,” harapnya.

Anak anak latihan tari di Museum ASI Mbojo, untuk acara pelantikan Jena Teke. Foto: Bin

Anak anak latihan tari di Museum ASI Mbojo, untuk acara pelantikan Jena Teke. Foto: Bin

Sementara untuk prosesi acara, diakui Karim, sudah dikonsep semua. Karena kegiatan yang sama pernah dilaksanakan beberapa tahun lalu, tinggal dilakukan pemantapan. Karim juga mengakui, antusias masyarakat untuk kegiatan tersebut luar biasa. Panitianya saja mencapai ratusan orang.

Ia menambahkan, untuk susunan acaranya, pra acaranya nanti calon Jena Teke akan berjalan dari Pasar Sarata. Calon Jena Teke berjalan menggunakan kuda, bersama 4 Kuda Sara’u, didampingi pasukan Suba, kemudian diikuti oleh keturunan melayu dan masyarakat umum.

“Nilai sakralnya acara pelantikan ini dimulai saat perjalanan calon Jena Teke dari Pasar Sarata menuju Museum ASI Mbojo,” tambahnya.

*Bin

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *