Calon Jena Teke Dimandikan di Temba Ncuhi Dara

Kota Bima, Kahaba.- Calon Jena Teke Kesultanan Bima Muhammad Putera Ferryandi menjalankan proses dimandikan oleh para keturunan ncuhi di Temba (Sumur) Ncuhi Dara, Jumat (16/9).

Calon Jena Teke saat dimandikan oleh para keturunan Ncuhi. Foto: Ery Irawadin (Facebook)

Calon Jena Teke saat dimandikan oleh para keturunan Ncuhi. Foto: Ery Irawadin (Facebook)

Ketua panitia acara pelantikan Jena Teke, A. Karim mengaku, pemandian calon Jena Teke dilaksanakan selesai Sholat Jumat tadi, di Temba Ncuhi Kelurahan Dara.

“Yandi tadi dimandikan oleh lima orang keturunan Ncuhi,” ujarnya di Museum ASI Mbojo, Jumat (16/9) sore.

Dijelaskannya, dimandikan tersebut sebagai lambang bahwa setiap orang yang ingin memulai pekerjaan, terlebih pejabat adat yang akan dilantik, harus dibersihkan dari air Temba Ncuhi Dara. Agar kehidupannya sehari – hari nanti dalam keadaan bersih.

“Kenapa dimandikan dengan air sumur itu, karena Itu syarat dan memiliki nilai sejarah. Saat melantik Indra Zambrut sebagai Raja Bima dulu juga dimandikan oleh lima Ncuhi dengan air Temba Ncuhi Dara,” jelasnya.

Kata Karim, acara tersebut juga dihadiri oleh Bupati Bima yang juga ibunda Yandi. Setelah acara pemandian, prosesnya dilanjutkan dengan acara doa dan ziarah kubur di Dana Traha.

*Bin

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *