Festival Pesona Lawata Digelar

Kota Bima, Kahaba.- Festival Pesona Lawata yang digelar Dinas Pariwisata Provinsi bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kota Bima di Pantai Lawata Minggu (9/4) pagi meriah. Ribuan warga Kota Bima tumpah ruah memadati kegiatan rangkaian memerihakan HUT Kota Bima ke-15 tersebut.

Tarian Tembe yang ditampilkan pada Festival Pesona Lawata. Foto: Bin

Hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Gubernur NTB H. Muhammad Amin yang sekaligus membuka secara resmi kegiatan Festival Pesona Lawata, Walikota Bima dan Wakil Walikota Bima, Ketua DPRD Kota Bima, Kapolres Bima Kota, FKPD dan sejumlah kepala SKPD lingkup Pemkot Bima.

Pembukaan kegiatan tersebut diawali dengan Tarian Tembe dari siswi SMAN 1 Kota Bima, kemudian diikuti dengan tarian dareah yang ditampilkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTB.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Bima, H. Sukri dalam laporannya mengatakan, festival  tersebut merupakan yang kesekian kalinya digelar. Namun, penyelenggaraan pada tahun ini yang paling meriah.

Diakuinya, kegiatan tersebut sepenuhnya di gelar di Pantai Lawata. Karena Lawata menjadi bagian wilayah strategis pengembangan pariwisata di NTB. Dirinya pun sangat berhara semoga ada perhatian serius dari Pemerintah Provinsi NTB untuk perkembangannya.

“Walikota Bima juga akan memberikan perhatian serius untuk pengembangan Pantai Lawata menjadi destinasi wisata yang diperhitungkan di Kota Bima,” ujarnya.

Lomba Perahu saat Festival Pesona Lawata. Foto: Bin

Sukri menyebutkan, ada beberapa lomba yang digelar pada festival tersebut. Seperti lomba Perahu  Hias, Lomba Renang dan Lomba Dayung. Selain itu, kegiatan tersebut diramaikan dengan bakar ikan secara bersama seluruh OPD Kota Bima dan masyarakat.

Di tempat yang sama, Walikota Bima HM. Qurais saat sambutan menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Provinsi NTB atas kepeduliannya menggelar kegiatan tersebut.

“Dari tahun ke tahun kegiatan ini semakin ramai,” katanya.

Ia berencana, Pantai Lawata akan dipugar dan diberikan perhatian yang serius. Tentu pengembangannya berdasarkan dengan kemampuan keuangan daerah. Pihaknya juga akan menggali kembali budaya dan pariwisata di Kota Bima, terutama Pantai Lawata. Agar menjadi lokasi wisata yang digemari masyarakat.

Sementara itu, Wakil Gubernur NTB. H. Muhammad Amin mengapresiasi kegiatan Festival Pesona Lawata. Pihaknya juga akan upayakan untuk membantu perkembangannya.

Dijelaskannya, pengembangan pariwisata harus disertai dengan membangun sarana dan infrastuktur. Yang tidak kalah penting juga promosi. Karena jika tidak promosi, maka pariwisata tidak akan berkembang dengan baik.

Dirinya juga menyarankan kepada Pemerintah Kota Bima untuk membuat regulasi yang mendorong masuknya investasi dan perkembangan pariwisata. Jika itu segera dibuat, maka pengembangannya bisa dilakukan dengan fokus dan maksimal.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *