Pantai Lere itu Indah, Tempatnya di Parado

Kabupaten Bima, Kahaba.- Rupanya banyak pantai indah yang membentang di Kabupaten Bima. Salah satunya Pantai Lere. Pantai yang berlokasi di Desa Lere Kecamatan Parado itu akan memanjakan mata pengunjung.

Pantai Lere Desa Lere Kecamatan Parado. Foto: Ady

Bagaimana tidak, laut dan langit yang biru. Deburan ombaknya yang cukup besar, menghantam setiap yang ada di pesisir. Ditambah lagi adanya sebongkah karang yang menjulang di tengah laut, seolah melengkapi keindahan alam di tempat itu.

Di sekitar Pantai Lere juga ada sejumlah pohon kelapa, berjejer luas di kebun warga setempat. Pada beberapa lokasinya, jika ingin segera melihat laut, maka harus melintas di kebun warga yang banyak dipenuhi padi yang hijau dan pohon kelapa.

Pantai Lere sangat dekat dengan akses jalan. Ketika berhenti dari berkendara, kita sudah mendengar suara gelombang bersahutan. Seolah mengajak, agar pengunjung segera menepi dan bergegas ke pantai yang diapit sejumlah gunung tersebut.

Mungkin Pantai Lere tidak cukup terkenal, atau bisa jadi terdengar asing oleh umumnya warga Bima. Tapi keindahan alamnya bisa di adu dengan sejumlah pantai lain yang ada di Kabupaten Bima. Hanya saja, aksesnya perlu diperbaiki.

Kondisi jalan menuju Pantai Lere. Foto: Bin

Yah, bicara akses jalan yang menuju Pantai Lere, begitu memperihatinkan. Meski sudah diaspal seadanya, namun kondisinya rusak parah. Jalan itu pun berubah jadi tempat berkumpulnya bebatuan dan lubang.

Jika berangkat dari Desa Kanca Kecamatan Parado. Maka harus melewati dua desa terlebih dahulu. Masing – masing Desa Rato dan Desa Kuta. Baru kemudian masuk masuk di Desa Lere. Waktu tempuh pun cukup lama. Karena selain terbilang jauh, aksesnya jalurnya pun begitu naik turun.

Tapi, rasa lelah di perjalanan akan diobati dengan keindahan alam dan Pantai Lere. Sebab, suasana di desa tersebut juga sangat sejuk. Warna desa yang terbilang jauh dari akses, seperti menjaga keperawanan desa Lere.

A. Latif warga Desa setempat mengaku, Pantai Lere tidak banyak dikunjungi warga untuk berekreasi. Kalau pun ada, bisa dihitung.

“Jalannya masih rusak. Makanya mungkin orang malas datang ke sini,” katanya.

Pantai Lere memang telah menjadi spot wisata yang juga harus diperhitungkan. Keindahan alamnya menambah sederet lokasi wisata di Bima yang perlu untuk diberikan perhatian. Terutama perhatian pemangku kepentingan. Agar Bima juga semakin dikenal dengan keindahan-keindahan alamnya yang tidak kalah dari daerah lain.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *