Ragam Atraksi Ekstrim Warnai Pawai Budaya HUT Bima

Kabupaten Bima, Kahaba.- Beragam atraksi ektrim dari peserta turut mewarnai kemeriahan kegiatan pawai Hari Ulang Tahun (HUT) Bima ke-377, Selasa (4/7) siang di Kecamatan Woha. Diantaranya atraksi Gantao menggunakan pisau asli. Peragaan budaya asli Bima ini memukau penonton dan tamu undangan.

Atraksi Ntumbu Tuta saat pawai budaya HUT Bima. Foto: Deno

Ada juga antraksi Buja Kadanda hingga antraksi Ntumbu Tuta (adu kepala) yang berasal dari Kecamatan Wawo. Antraksi adu kepala ini mendapatkan perhatian para penonton, hingga para pelaku dalam antraksi tersebut mendapatkan saweran dari Kapolres Bima, AKBP M Eka Faturrahman.

Ketua atraksi Ntumbu Tuta, Abdul Hakim mengatakan, budaya adu kepala tersebut merupakan budaya terun temurun dari nenek moyang masyarakat Wawo. Budaya ini hanya ada di Desa Ntori.

Peserta atraksi kata dia, merupakan orang yang dilatih khusus dengan menggunakan ritual tersendiri dalam memeragakannya serta tidak dilakukan sembarang orang.

“Untuk mempertahankan ritual ini, kami setiap hari melakukan latihan. Moga saja budaya ini akan bertahan hingga selamanya dan bisa terkenal ke daerah-daerah lain,” harap Abdul Hakim.

*Kahaba-05

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *