Kembangkan Pariwisata, Dispar Bentuk Kelompok Sadar Wisata

Kabupaten Bima, Kahaba.- Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Bima sekarang melibatkan komunitas dalam pengembangan pariwisata. Dispar membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), termasuk Kelompok Pemuda Pemerhati Bombo Ncera (KPPBN).

Warga Ncera saat berdiskusi pengembangan pariwisata Bombo Ncera. Foto: Dok Dispar

Kepala Dispar Kabupaten Bima H Abdul Muis HAL mengaku, KPPBN dibentuk bulan Oktober lalu. Pokdarwis ini terus bekerja memanfaatkan alam Bombo Ncera sebagai potensi untuk dikembangkan menjadi salah satu obyek wisata unggulan di Kabupaten Bima.

“Alhamdulillah, kerja keras kelompok ini membawa perubahan besar bagi masyarakat sekitar. Mereka lebih sadar akan potensi desanya,” ujarnya, Selasa (19/12).

Secara swadaya masyarakat juga sambung Muis, KPPBN terus bekerjasama dan berkontribusi untuk membangun sejumlah fasilitas wisata di Bombo Ncera. Beberapa fasilitas yang dibangun seperti pustaka semesta, sarangge (serambi duduk), salaja (saung), tangga buatan, papan nama Bombo Ncera, papan petunjuk berwisata, WC dan Musholla.

“Mereka juga membuat souvenir berupa kaos dan topi Bombo Ncera,” ungkapnya.

Berkat KPPBN Bombo Ncera kata Mjusi, dareah yang dulu seperti terisolir dan tidak dikenal kini menjadi lebih tertata dan membawa perubahan besar khususnya untuk masyarakat Ncera dan sekitar.

Pihaknya pun berencana, Dispar yang sudah memprakarsai pembentukan Pokdarwis, maka pada daerah-daerah lain yang memiliki destinasi wisata, tapi juga rawan konflik bisa dirubah menjadi lebih aman dan tentram.

“Keterlibatan Pokdarwis ini sangat strategis,” tambahnya.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *