Seluruh Komponen Meriahkan Pawai Budaya HUT Kota Bima ke-16

Kota Bima, Kahaba.- Pawai budaya dalam rangka HUT Kota Bima ke-16 yang digelar, Kamis (5/4) pagi dan berakhir siang sekitar pukul 12.30 Wita. Pelaksanaan kegiatan tahunan tersebut pun berjalan sangat meriah. Seluruh komponen ambil bagian memeriahkan pawai dimaksud.

Salah satu peserta saat pawai budaya HUT Kota Bima ke-16. Foto: Bin

Kabid Pemasaran, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kota Bima Yuliana mengaku, pawai tahun ini diikuti sebanyak 241 peserta. Dirinya pun memastikan peserta merupakan seluruh komponen yang ada di Kota Bima.

“Peserta yang ikut seluruh SKPD hingga camat dan lurah. Sekolah, Perguruan Tinggi, Paguyuban dan etnis yang ada di Kota Bima dan BUMN,” sebutnya.

Kata Yuliana, seperti tahun – tahun sebelumnya lokasi star pawai terbagi di dua tempat. Pertama dari arah barat atau di Lapangan Pahlawan Raba sebanyak 126 peserta. Kemudian dari timur atau Lapangan Manggemaci Kota Bima sebanyak 115 peserta.

“Finis pawai di Kantor Walikota Bima,” katanya.

Kabid Pemasaran, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Kota Bima Yuliana. Foto: Bin

Untuk peserta pawai dari paguyuban dan etnis sambungnya, masing – masing menampilkan atraksi dari masing – masing daerah. Demikian juga sejumlah atraksi budaya Bima, ditampilkan oleh siswa dari sejumlah sekolah.

Dia menambahkan, pawai budaya merupakan kegiatan rutin yang digelar menyambut Hari Ulang Tahun Kota Bima. Tujuannya, “menampilkan keragaman tradisi, budaya dan adat istiadat dengan menampilkan kesenian-kesenian khas. Disamping itu juga untuk menggali, mengembangkan serta mempromosikan kembali potensi kesenian dan kebudayaan tradisional.

Pantauan media ini, suasana kegembiraan menghiasi sepanjang pawai. Masyarakat juga terlihat memadati pinggir jalan untuk menyaksikan setiap kebudayaan yang ditampilkan peserta pawai. Yang mengundang decak kagum, apabila sejumlah paguyuban dan etnis luar Bima menampilkan atraksi di sepanjang jalan.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *