Bupati Bima Buka Festival Kakara di Pantai Lariti

Kabupaten Bima, Kahaba.- Festival Kakara di Pantai Lariti Kecamatan Lambu dibuka secara resmi oleh Bupati Bima Hj Dinda Putri Damayanti, Sabtu (12/5). Kegiatan tersebut rencana akan dihelat selama 2 hari.

Bupati Bima berpose dengan panitia festival Kakara. Foto: Dok Hum

Kabid Pemasaran Dinas Pariwisata Abdul Haris menyampaikan, kedatangan Bupati Bima saat membuka Festival Kakara disambut dengan pentas seni seperti Gantao, Hadra dan Parade Perahu dari Pelabuhan Sape menuju Pantai Lariti.

Orang nomor satu di Kabupaten Bima itu pun menginginkan agar festival seperti ini tidak dilaksanakan dalam skala lokal. Kedepannya bisa dilaksanakan dalam skala Nasional.

“Bupati sangat mendukung festival ini, kami akan menjadikan kegiatan ini sebagai program tahunan,” ujarnya, Sabtu (12/5).

Diakuinya, kegiatan itu disambut antusias masyarakat Sape dan Lambu dalam. Masyarakat juga terlihat menyediakan berbagai macam jenis kuliner khas daerah Bima, seperti Dodol, Minasarua, Madu Hitam dan jenis makanan lain untuk dijual. Tentu dari kegiatan itu masyarakat bisa mendapatkan tambahan penghasilan

Selain itu, pihaknya sangat berharap Bumdes bisa mengakomodir semua kominitas pecinta wisata untuk bersama-sama mengelola wisata Pantai Lariti dengan baik. Guna meningkatkan ekonomi masyarakat dan bisa juga membantu Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Kami akan berusaha sebaik mungkin agar wisata tersebut selain meningkatkan ekonomi masyarakat, juga akan membantu pendapatan PAD,” Ungkapnya.

Sementara itu, Yadin salah satu perwakilan pemuda Desa Soro mengaku sangat mendukung kegiatan dimaksud. Upaya melestarikan pantai itu juga berdampak untuk masyarakat sekitar, khususnya warga Desa Soro karena bisa menghasilkan tambahan pendapatan dengan cara menjual berbagai jenis kebutuhan pengunjung.

Menurut Yadin, dengan adanya Festival Kakara maka gaung pantai tersebut akan dikenal secara luas. Kegiatan tersebut pun dinilainya sebagai bentuk keseriusan dan perhatian pemerintah dalam melestarikan budaya yang ada di Bima, salah satunya melestarikan budaya Kakara yang ada di Kecamatan Lambu.

“Kami sangat mendukung festival seperti ini. Kami juga siap membantu pemerintah untuk melestarikan budaya yang ada dan menjaga kelestarian wisata Pantai Lariti,” janjinya.

*Kahaba-05

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *