Tanpa Pemerintah, Lomba Sampan Layar Mini di Nggembe Tetap Meriah

Kabupaten Bima, Kahaba.- Masyarakat Dusun Ntana Desa Nggembe Kecamatan Bolo menggelar lomba sampan layar mini, Selasa (19/6). Lomba tersebut digelar sebagai event tahunan warga setempat.

Lomba Sampan Layar Mini di Nggembe. Foto: Yadien

Ketua Panitia lomba sampan mini M Saleh mengatakan, lomba tersebut digelar sebagai bentuk upaya melestarikan budaya pesisir masyarakat. Selain itu, sebagai hiburan masyarakat dan pengunjung pesisir pantai yang berada di jalan lintas Sila-Soromandi tersebut.

“Kami biasa menggelar ini setiap tahun,” ujarnya.

Kata Saleh, lomba tersebut sudah berlansung selama 2 hari dengan jumlah peserta lebih dari 100 sampan layar mini. Setiap harinya jumlah peserta yang mengikuti lomba bisa mencapai 50 hingga 60 peserta sampan layar mini.

“Tergantung kondisi angin, bisa sampai 60 peserta setiap hari,” katanya.

Ia menjelaskan, peserta lomba sampan layar mini tidak hanya warga dusun setempat, namun juga warga Desa Lewintana yang berada di sepanjang pesisir pantai.

“Ada dari desa tetangga juga yang jadi peserta lomba,” tuturnya.

Lomba tersebut sambungnya, digelar atas inisiatif warga setempat yang memang peduli untuk melestarikan budaya dan menyajikan hiburan tradisional bagi masyarakat. Karena Sejauh ini belum ada keterlibatan pemerintah.

Salah seorang penonton, Rukmini mengaku sangat bersyukur dengan adanya lomba tersebut. Pasalnya, selain melestarian budaya, lomba tersebut menjadi hiburan yang aman ditonton bahkan oleh anak-anaknya.

“Hiburan ini tergolong sebagai hiburan yang mendidik, jadi aman,” ujarnya.

Rukmini berharap, lomba seperti itu bisa terus digelar dan lebih meriah lagi.

*Kahaba-10

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *