Peserta Berbusana Rimpu Tembe Dominasi Pawai Budaya di Bolo

Kabupaten Bima, Kahaba.- Peserta yang mengenakan Rimpu Tembe yakni Rimpu Colo dan Rimpu Cilia Tau Mpida mendominasi kegiatan pawai budaya HUT Bima ke-378 tahun 2018 di Kecamatan Bolo, Rabu (4/7).

Busana Rimpu ramaikan pawai budaya di Bolo. Foto: Yadien

Kasubag Informasi dan Pemberitaan Kabupaten Bima Zainuddin mengatakan, peserta yang mengenakan Rimpu Tembe mencapai puluhan ribu orang. Kemudian peserta yang mengenakan Rimpu tersebut berasal dari semua kalangan yang ada di Kabupaten Bima. Sedangkan peserta laki-laki menggunakan Katente Tembe dan Sambolo sebagai penutup kepala.

“Sarung Nggoli yang digunakan untuk Rimpu serta Katente merupakan hasil tenunan asli masyarakat Bima,” katanya.

Selain peserta yang mengenakan Rimpu, ada juga peserta yang mengenakan busana lain. Seperti, busana pengantin, pakaian khas Jawa, pakaian kesenian dan sebagainya.

“Biola, dan Gambus serta musik khas Jawa juga diperdengarkan saat pawai,” katanya.

Pawai terlihat semakin menarik dan ramai dengan banyaknya atraksi kesenian budaya yang ditampilkan seperti Gantao, Buja Kadanda, Taji Tuta dan sebagainya.

*Kahaba-10

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *