Ribuan Warga Bima-Dompu Tumpah Ruah Saat Festival Rimpu di Monas

Jakarta, Kahaba.- Ribuan warga turun dari bus dan kendaraan pribadi. Para lelaki terlihat mengenakan sarung dengan menyilang badan. Sementara para perempuannya terlihat melilitkan sarung di kepala tanpa menutup wajah, seperti halnya memakai jilbab. Orang Bima-Dompu menyebutnya dengan Rimpu.

Kemeriahan saat acara Rimpu Bima Dompu di Monas. Foto: Rangga Babuju

Ribuan warga Bima dan Dompu se-Jabodetabek mengikuti pawai jalan kaki dari Bundaran HI menuju Monas. Mulai pukul 06.00 Wib hingga pukul 08.30 Wib. Semakin ramai karena bersamaan dengan Car Free Day. Monas pun disesaki oleh peserta.

“Ini diluar ekspektasi kami, hitungan awal sekitar 5.000 warga. Namun dari data masing-masing Korwil diakumulasi hingga mencapai 10.000 warga. Sungguh luar biasa respon warga Bima dan Dompu di Jakarta” Ungkap ketua panitia Ruslan Idris, disela-sela acara Tari Rimpu di panggung utama.

Nampak hadir dan ikut jalan, Sekda Provinsi NTB, Rosiyadi Sayuti. Kadis Pariwisata NTB, Lalu Faozal. Kadis Perindustrian, Kepala Bappeda Provinsi NTB. Bupati Dompu dan beberaoa kepala SKPD. Sejumlah kepala SKPD Kabupaten Bima juga turut nampak, Kadis BPMDes Kab Bima Andi Sirajuddin dan H Makruf berada dikerumunan warga.

Beberapa perwakilan Duta Besar juga turut hadir, seperti Kedutaan Sudan, Kedutaan Iran, Kedutaan Yaman, dan lainnya. Anggota DPR RI
HM Syarifuddin, mantan Wakil Gubernur NTB Badrul Munir. Nampak juga Sultan Sumbawa, YM M Kaharuddin. Para sesepuh Bima dan Dompu juga tak ketinggalan turut hadir, termasuk diantaranya Prof Hamdan Zoelva.

Sementara Bupati Bima, turut juga hadir namun hanya sebentar dan sempat terlihat duduk diatas panggung utama ditemani oleh Bupati Dompu. Acara dipandu secara Penuh oleh Ivan Kempo dan Jamaluddin Ikraman.

Tokoh nasional asal Bima Dompu saat di panggung utama. Foto: Rangga Babuju

Beberapa pentas Budaya ditampilkan di panggung utama seperti Ntumbu Tuta, Tari Rimpu, Tari Saremba Tembe, Tari Pako Fare, Gantao dan lainnya.

“Ini sebuah kebanggaan bagi kita semua, bahwa dengan sukarela, keluarga dan saudara kita hadir memeriahkan festival ini,” ungkap Saad Bima, Sutradara asal Bima.

Pengusaha Batubara H Sutarman yang turut hadir juga nampak semangat dan berdecak kagum dengan tumpah ruahnya warga Bima Dompu di Monas.

“Seumur-umur, baru kali ini pagelaran acara budaya melibatkan ribuan orang dan dilaksanakan secara kolosal,” katanya.

Yusril Albima, atase Kedutaan Indonesia di Negara Sudan, hadir khusus dan nampak kebanggaan pada raut wajahnya.

“Ini sungguh luar biasa, apresiasi yang tinggi atas kerja dan kinerja panitia yang mampu menghadirkan peserta dan undangan sebanyak ini” tuturnya.

*Penulis-Rangga Babuju

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *