Giat Promosi Wisata, Dispar Akan Sosialisasi Sadar Wisata Sapta Pesona

Kota Bima, Kahaba.- Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Bima Selasa besok (24/7) berencana menggelar kegiatan sosialisasi sekaligus penyuluhan Sadar Wisata Sapta Pesona, di aula SMPN 6 Kota Bima.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Bima H Sukri. Foto: Bin

Guna suksesnya penyelenggaraan tersebut, panitia akan menghadirkan 50 peserta dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis), pelajar SMK Jurusan Pariwisata serta beberapa unsur perwakilan pihak yang menekuni pariwisata.

“Kami ingin mengajak semua pihak, termasuk Pokdarwis dan pelajar untuk berpartisipasi dan mendukung terwujudnya iklim yang kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kepariwisataan di Kota Bima,” ujar Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Bima H Syukri, Senin (23/7).

Mantan Kepala BKPSDM itu menuturkan, tujuan digelarnya kegiatan ini ingin mengajak seluruh peserta yang hadir untuk membantu mensosialisasikannya kepada masyarakat. Karena untuk mewujudkan dan menumbuhkembangkan potensi pariwisata daerah, membutuhkan peran serta masyarakat.

Sementara itu Kabid Pengembangan Industeri dan Kelembagaan Pariwisata Ririn Swandayani menjelaskan, ada beberapa poin penting yang menjadi tolak ukur untuk mewujudkan keberhasilan program pariwisata di Indonesia. Diantaranya menciptakan situasi kondusif, rasa aman, tertib, nyaman, bersih, indah, sejuk serta keramah tamahan masyarakat dalam menyambut wisatawan lokal maupun luar.

Maka untuk mewujudkan semua program pariwisata tersebut, peserta sosialisasi yang hadir besok harus mampu mengaplikasikannya ke masyarakat dengan memberikan pemahaman, apa saja yang diperlukan mulai dari sebelum, ketika dan setelah wisatawan yang datang.

Ririn menambahkan, keterlibatan 50 peserta dalam kegiatan sadar wisata tersebut juga merupakan bagian untuk menggali setiap potensi wisata yang ada di Kota Bima. Apalagi hasil pemetaan sementara, dari 41 Kelurahan di Kota Bima telah memiliki ikon tersendiri tentang potensi wisata. Seperti wisata belanja, industeri, alam, usaha, kesenian dan budaya, serta potensi lain yang masih banyak harus dipoles dan dipercantik.

“50 Peserta yang diberikan sosialisasi akan menjadi bagian dari agen perubahan, untuk mewujudkan Kota Bima bagian dari daerah tujuan wisata yang indah dan nyaman,” tambahnya.

*Kahaba-04

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *