Dispar Lantik 4 Kelompok Sadar Wisata

Kota Bima, Kahaba.- Kepala jajaran Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Bima H Sukri melantik 4 Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) saat menggelar Penyuluhan Sadar Wisata Sapta Pesona, di Aula SMPN 6 Kota Bima Selasa kemarin. Kegiatan tersebut dihadiri 50 peserta, terdiri dari sejumlah Pokdarwis, siswa SMKN Jurusan Pariwisata, Karang Taruna dan pemerhati wisata.

Foto bersama usai penyuluhan Sadar Wisata Sapta Pesona. Foto: Eric

H Sukri saat menyampaikan sambutan mengaku, tujuan penyuluhan ini digelar untuk meningkatkan kesadaran, rasa tanggung jawab segenap lapisan masyarakat dan juga organisasi sadar wisata bersama pemerintah. Untuk mampu bertindak, dan mengaplikasikan sosialisasi setiap potensi wisata daerah dalam aspek kehidupan.

“Kami berharap Pokdarwis yang dilantik ini bisa menjadi garda terdepan yang peduli untuk pengembangan pariwisata yang ada di daerah,” harapnya.

Pada penyuluhan tersbeut, pengetahuan tentang ilmu dan perkembangan dunia pariwisata perlu untuk disampaikan. Para peserta akan menerima materi dari narasumber terpilih, yang memang ahli dan tahu tentang potensi wisata dan cara untuk mengembangkannya.

“Narasumber akan memberikan materi tentang integrasi nilai sapta pesona, dalam membangun dunia pariwisata di Kota Bima. Agar seluruh peserta dapat mulai mengidentifikasi potensi wisata yang ada disetiap kelurahan, lalu menggali potensi tersebut dan kemudian dapat mengembangkannya menjadi ikon wisata,” katanya.

Menurut Sukri, ada beberapa faktor yang menjadi peran penting dalam membangun destinasi wisata di daerah. Diantaranya tingkat keamanan yang baik, tertib dalam memberikan pelayanan, kebersihan objek wisata, suasana nyaman yang membuat wisatawan betah untuk tinggal lama, kemudian elok bila dipandang mata, ramah lingkungan hingga pada akhirnya dapat menjadi kenangan yang indah bagi wisatawan yang singgah, yang akan memotivasi untuk datang kembali.

Ia menambahkan, saat ini harus diakui Lombok merupakan daerah yang menjadi destinasi wisata yang maju dan terus berkembang. Karena pemerintah dan juga masyarakat berperan aktif untuk mewujudkannya.

Apalagi bila dilihat secara geografis, Kota Bima memiliki banyak keuntungan untuk menjadi daerah tujuan destinasi wisata. Karena berada diantara pulau Lombok dan juga Labuan Bajo. Kemudian memiliki kondisi alam yang nyaman, indah dan sejuk. Ditambah lagi dengan adanya bandara yang repsentatif, lalu keanekaragaman seni budaya Mbojo yang dapat menarik para wisatawan.

*Kahaba-04

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *