Besok Festival Sangiang Api Mulai Digelar

Kabupaten Bima, Kahaba.- Festival Sangiang Api merupakan agenda tahunan masyarakat pesisir Kecamatan Wera. Kegiatan tersebut akan mulai digelar besok, Sabtu (28/7) pukul 08.00 Wita di pesisir pantai Desa Sangiang.

Peserta saat berlatih untuk lomba sampan Festival Sangiang Api. Foto: Adhar Al Anfat (Facebook)

Ketua Panitia Ayang Saifullah menjelaskan, sesuai agenda panitia, tamu undangan termasuk Gubernur NTB terpilih Zulkieflimansyah akan disambut Tarian Wura Bongi Monca dan pengalungan Sambolo oleh tokoh adat Sangiang Api.

Event wisata yang rencananya turut mengundang Bupati Bima tersebut akan menampilkan  sejumlah atraksi kesenian seperti Gantao, ritual memanggil angin dan pertunjukan drumband SMK Negeri 3 Bima dan SMA Negeri 1 Wera.

“Pada hari pertama festival, para pengunjung juga akan disuguhi babak penyisihan lomba sampan layar tradisional yang dibagi dalam 6 kelas yang berlangsung mulai pukul 10.00 Wita,” ujarnya melalui siaran pers yang disampaikan Dinas Kominfostik Kabupaten Bima.

Festival Sangiang Api. Foto: Ist

Kata dia, babak penyisihan lomba sampan tradisional ini akan mengambil titik start di Pulau Sangiang Api dan finish di pesisir pantai Desa Sangiang. Lomba akan berlangsung secara maraton pada tanggal 29 sampai dengan 31 Juli 2018.

“Setelah peserta istirahat tanggal 1-3 Agustus, rencananya lomba akan dilanjutkan sampai tanggal 19 Agustus 2018,” sebutnya.

Festival tahun ini diisi dengan expo kerajinan rakyat, jelajah gunung Sangiang Api dan kemah literasi pesisir yang berturut-turut berlangsung sampai tanggal 5 Agustus. Sementara puncaknya untuk final direncanakan tanggal 15 Agustus – 19 Agustus 2018.

Dirinya berharap agar agenda tahunan kebanggaan masyarakat pesisir Wera tersebut berjalan dengan sukses tanpa ada hambatan dan mengharapkan partisipasi seluruh elemen masyarakat agar acara ini dapat dituntaskan sesuai jadwal yang ada.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *