Syafrudin Akan Perjuangkan Festival Sangiang Api Masuk Kalender Nasional

Kabupaten Bima, Kahaba.- Anggota DPR RI HM Syafrudin turun hadir memeriahkan pembukaan Festival Sangiang Api, Sabtu kemarin. Kegiatan tahunan tersebut juga dihadiri Bupati dan Wakil Bupati Bima, Gubernur NTB terpilih H Zulkifliemansyah dan ribuan masyarakat.

Anggota DPR RI HM Syafrudin bersama Bupati Bima di acara Festival Sangiang Api. Foto: Dok Hum

Seperti biasa, duta PAN itu hadir dengan sangat sederhana. Tetap setia dengan sandal jepit dan tanpa protokoler, kendati demikian tak menghilangkan kesahajaannya saat menyapa setiap penonton yang berdiri disisi jalan ketika kegiatan tersebut diawali dengan karnaval. Sesekali beberapa orang masyarakat memeluknya, kemudian melambaikan tangan.

Bagi Syafrudin, Sangiang memiliki historis tinggi seolah-olah seperti tanah kelahirannya. Karena tidak bisa dipungkiri, dulu almarhum orang tuanya adalah seorang saudagar di Pelabuhan Bima yang cukup dikenal di pesisir Bima. Hampir seluruh transaksi dengan para pelaut, menjajakan hasil pertaniannya dengan menukar kebutuhan sehari hari di toko orang tuanya.

“Sesekali para orang tua di Desa Sangiang mengingatkan kembali kedekatan mereka dengan almarhum orangtua saya,” ucapnya saat menghubungi media ini, kemarin.

Anggota DPR RI saat menghadiri Festival Sangiang Api. Foto: Ist

Anggota DPR RI 2 periode itu mengaku sangat bangga sekali ada komunitas masyarakat yang begitu peduli dengan kebudayaan lokal. Menggelarnya dengan penuh semangat hingga cukup dikenal diseluruh pelosok.

“Karena tradisi ini sudah masuk kalender rutin pemerintah daerah dan menjadi kalender Pemerintah Provinsi NTB. Saya berniat dan akan memperjuangkannya, suatu saat moment ini menjadi kalender Nasional,” inginnya.

Sebagai anggota parlemen, dirinya akan menyampaikan kepada pemerintah pusat. Bahwa festival ini mengandung nilai filosofi tinggi dan menyangkut Gunung Sangiang. Kemudian memiliki unsur olah raga serta mengandung nilai-nilai persaudaraan yang kuat.

“Kami bangga berada ikut dan berada di tengah – tengah kegiatan Festival Sangiang Api. Insya Allah saya akan perjuangkan acara ini agar masuk kalender Nasional,” inginnya.

*Kahaba-01

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *