Babuju Mandiri Panen Perdana Lele

Kota Bima, Kahaba.- Selain bergerak di bidang sosial, budaya dan kemanusiaan, Komunitas Babuju perlahan tapi pasti mulai membangun kemandirian anggota melalui pengembangan usaha kreatif dan pemberdayaan. Salah satu usaha yang kini digarap, yakni budidaya lele. Diantaranya di Lingkungan Tolobali Kelurahan Sarae Kota Bima.

Foto bersama Babuju Mandiri bersama undangan saat panen lele. Foto: Ady

Foto bersama Babuju Mandiri bersama undangan saat panen lele. Foto: Ady

Usaha yang dirintis secara swadaya sejak tiga bulan lalu itu mulai membuahkan hasil. Itu ditandai dengan panen perdana lele pada Rabu (4/11) kemarin. Dihadiri sejumlah Pejabat Birokrasi Kota Bima, warga dan tokoh masyarakat.

Diantaranya, Wakil Walikota Bima, H. A. Rahman H. Abidin, Kepala Bappeda Kota Bima, Siti Zaenab, Kepala Dinas Dukcapil Kota Bima, Mariamah, Lurah Sarae, A. Faruk, warga Sarae dan Anggota Komunitas Babuju.

“Untuk panen perdana ini ada 250 ekor dan rencananya dilanjutkan panen pada setiap Sabtu dalam setiap minggunya dengan jumlah quota yang ditentukan untuk menjaga kontinuitas pemanenan,”  terang Ketua Komunitas Babuju, Zulhaidin atau akrab disapa Rangga.

Rangga mengaku, Lele Budidaya Binaan Komunitas Babuju dan Koperasi Kakando Asri tersebut cukup bagus dan sehat. Bibit Lele itu pertama kali ditebar pada 16 Agustus 2015 dan umurnya tepat 80 hari saat dipanen.

“Panen pada umur 80 hari ini berdasarkan potensi besar lele yang diperkirakan berukuran 30 Cm hingga 35 Cm dengan berat 2 Ons atau 1 Kg per 5 ekor. Ukuran ini adalah ukuran yang pas untuk dinikmati bersama keluarga,” akunya.

Bapak dua anak ini mengatakan, selain swadaya dari anggota, bibit lele yang dibudidaya merupakan bantuan Wakil Walikota Bima sejumlah 5.000 bibit. Sementara Kepala Bappeda Kota Bima, Kepala Dinas Dukcapil dan Lurah Sarae juga turut menyerahkan bantuan langsung untuk pembuatan masing-masing satu kolam.

“Kami menyampaikan terima kasih atas kepada seluruh pihak yang membantu dan turut hadir pada kegiatan panen perdana budidaya lele binaan Komunitas Babuju,” ujarnya.

Rangga menambahkan, bagi masyarakat yang ingin memesan Lele Produksi Kelompok Makbul Binaan Komunitas Babuju bisa melalui kontak telepon seluler. Untuk pembelian di kolam akan dilayani setiap hari Sabtu dengan harga eceran. Sedangkan pemesanan online dengan service antar diberikan harga pasar yang berlaku saat pembelian.

*Ady

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *