Sonumbe, Pantai Cantik Ini Butuh Perhatian

Kota Bima, Kahaba.-` Pantai di Kolo memang menjadi pilihan rekreasi sebagian besar masyarakat Kota Bima. Tapi mungkin tak banyak yang tahu, jika diujung Kelurahan Kolo, ada Pantai Cantik yang menyajikan pemandangan indah.

Pantai Sonumbe Kolo. Foto: Bin

Pantai Sonumbe Kolo. Foto: Bin

Dari ujung utara Kelurahan Kolo, kita hanya menempuh perjalanan dengan kendaraan roda dua atau roda empat sekitar 4 kilometer. Setelah melewati jalur yang belum diaspal, kita akan segera melihat pantai yang penuh dengan hamparan pasir putih.

Sonumbe menawarkan keindahan. Disekitarnya dikelilingi bukit, pohon pohon juga mengintari pesisir pantai. Tidak sulit bagi pengunjung untuk menemukan tempat berteduh dari panasnya sengatan matahari.

Yang tidak kalah mempesona, ternyata di Sonumbe sering didatangi para turis untuk Snorkeling atau berenang dan menyelam dengan mengenakan peralatan berupa masker selam. Melihat kehidupan ratusan jenis biota laut.

“Pantai ini sering didatangi turis domestik, seperti dari Aceh, Bali, Lombok untuk Snorkeling. Setiap bulan pasti ada yang datang,” ujar Mul Cris, anggota Kopa Mbojo, yang setiap pekan ke Sonumbe untuk Transplantasi Terumbu Karang.

Kata dia, Sonumbe selain memiliki banyak Terumbu Karang berbagai jenis dan warna, juga dihuni ratusan jenis ikan. Keanekaragaman biota laut tersbeut lah yang mendorong para turis domestik untuk mengunjungi Pantai tersebut.

“Kalau kita lihat, di Sonumbe lebih sering dikunjungi turis yang datang untuk menyelam, daripada rekreasi,” ungkapnya.

Hanya saja, kondisi pantai tersebut masih butuh perhatian dari pihak yang berwenang. Karena disepanjang Pantai masih ditemukan sampah yang berserakan. Kesadaran menjaga kebersihan dari pengunjung juga belum ada, karena sampah plastik masih berserahkan di sekitar bibir pantai.

Jika saja Sonumbe masuk pada program Pemerintah untuk dikembangkan, maka Pantai tersebut bisa menjadi destinasi wisata baru yang elok, menyejukan mata dan menjadi idola baru. Semoga saja…

*Bin

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *