Promosi Wisata dan Budaya, Bupati Dompu Siap Hadiri Mbuju Festival 2018

Dompu, Kahaba.- Guna membangun desa yang mandiri dan berperadaban, Desa Mbuju Kecamatan Kilo Kabupaten Dompu menggagas event pariwisata dan budaya yang bernama Mbuju Festival 2018. (Baca. Rangkaian Mbuju Festival, Ratusan Warga Cek Kesehatan Gratis)

Kepala Desa Mbuju, Abdullah Mursalin, foto bersama dengan Panitia pelaksana Mbuju Festival dan pihak Sponsor PT Pegadaian (Persero), usai rapat persiapan acara puncak Mbuju Festival di Kantor Desa. Foto: Ist

Ketua Panitia Mbuju Festival 2018 Ady Ardiansah menjelaskan, event merupakan ajang promosi destinasi wisata dan budaya sekaligus menarik wisatawan  agar mengenal lebih dekat dengan Desa Mbuju dan Kecamatan Kilo pada umumnya.

Kegiatan ini kata dia, hadir atas dasar kesadaran masyarakat yang melihat potensi sumber daya alam (SDA) dan sumber daya manusia (SDM) yang luar biasa di miliki oleh Desa Mbuju.

“Ini adalah ikhtiar kami bersama sebagaimana diatur dalam UU No 32 tahun 2014 tentang pengembangan potensi desa, pelestarian alam dan budaya,” ungkapnya, Kamis (23/8).

Artinya jelas mantan Wartawan Radar Mandalika ini, pijakan dan rumusan awal kegiatan secara jelas diatur oleh negara dan wajib di jalankan. Sehingga ia bersama pemuda desa yang tergabung dalam kepanitian pun hadir dengan program atau event yang menarik, terencana dan matang.

Event ini terangnya, akan menampilkan berbagai kegiatan menarik seperti gebyar kuliner tradisional (ngaha kawiri massal dan puru timbu), festival layang-layang, perlombaan permainan tradisional, festival seni budaya pelajar yang dimulai dengan pemutaran film dokumenter Laskar Tambora dan orasi budaya.

Selain itu, ada lomba perahu hias dan perahu dayung, bhakti sosial (sunatan massal, pengobatan gratis, kebersihan pantai, penanaman 500 pohon mangrove), serta bazar produk IKM atau UKM dan pelaku ekonomi kreatif Kabupaten Dompu.

Kegiatan ini sepenuhnya didukung oleh Pemerintah Desa Mbuju, Pemerintah Kabupaten Dompu, dan sponsor tunggal Pegadaain Area Pulau Sumbawa. Kegiatan ini akan di gelar 12 Agustus hingga 27 Agustus mendatang.

“Ayo, pastikan diri anda hadir dan ikut Mbuju festival tahun 2018. Semoga Desa Mbuju menjadi desa wisata unggulan, bisa mengikuti jejak Gunung Tambora sebagai kawasan destinasi wisata dunia,” ajaknya.

Sementara itu, Kades Mbuju Abdullah Mursalin mengungkapkan, potensi dan keindahan pantai yang dimiliki desanya memang tidak diragukan lagi dan akan semakin memesona dengan hadirnya sebuah festival besar bertajuk Mbuju Festival 2018.

“Event menarik ini akan berlangsung di seluruh dusun se-Desa Mbuju,” ujarnya.

Event ini lanjutnya, bertujuan sebagai ajang promosi destinasi wisata dan budaya sekaligus menarik wisatawan  agar mengenal lebih dekat dengan pulau sumbawa.

“Event ini merupakan salah satu program dari kampanye pariwisata dan Budaya Desa Mbuju dengan slogan “Ayo Ke Desa Mbuju,” bebernya.

Kegiatan ini sambung dia, tentunya akan dikemas dalam bentuk yang atraktif dan artistik, sehingga mengundang daya tarik dan partisipasi warga di luar untuk hadir.

”Pastinya event ini akan menjadi event tahunan desa kami, dan akan kami upayakan agar masuk dalam kalender event Disbudpar Dompu,” terangnya.

Secara terpisah, Kabag Humas dan Protokol Setda Dompu Ardiansyah mengatakan, Bupati Dompu H Bambang M Yasin dijadwalkan akan hadir dalam puncak acara tersebut. Sekaligus melepas Pawai Rimpu, Katente Tembe dan Parade Budaya Tradisional (tari, drama, silat, gantao, kareku kandei, dan musik tradisional).

“InshaAllah kalau tidak ada halangan beliau (Bupati, Red) sudah memastikan akan hadir,” jelasnya.

*Ady Ardiansah – Warga Kilo

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *