Daftar 7 Musisi Dunia Dengan Bakat Akademik Luar Biasa

AS, Kahaba.- Dunia musik biasanya lebih akrab dengan hiburan, selebritas, atau popularitas. Bahkan, tidak sedikit orang beranggapan bahwa musisi itu hanya paham memainkan instrumen musik dan membuat lagu. Lebih parah lagi, musisi kerap mendapat cap negatif karena tidak pernah serius dalam urusan akademik atau pendidikan. Namun, daftar yang kami sajikan berikut ini bisa jadi akan membuat anda terkejut.

Sejumlah musisi terkenal dunia ternyata sangat sukses dalam jenjang pendidikan tinggi mereka. Beberapa diantaranya adalah pemegang gelar Ph.D (gelar setara Doktor atau S3) yang sangat sulit diperoleh. Bersiaplah untuk mengubah asumsi anda tentang kehidupan dan bakat akademis mereka.

Berikut adalah daftar musisi yang dikenal karena prestasi akademik mereka, sebagaimana dilansir oleh media terkemuka internasional Time :

1. Bryan May (Queen)

Bryan May (Queen)

Pria jangkung ini lebih popular sebagai gitaris band rock termasyhur Queen. May adalah gitaris dengan bakat dan kualitas musikal luar biasa, seluruh hits Queen yang terkenal itu tak lepas dari kontribusinya. Namun tahukah anda, jika Brian May pada tahun 2008 lalu meraih gelar Ph.D dalam bidang Astrofisika?

Ia meneliti tentang sifat debu antariksa (properties of interstellar dust). Tahun 1971 yang juga masa aktif bersama Queen, May telah mengantongi gelar bachelor di bidang matematika dan sains dari Imperial College London, Inggris, serta mulai mengambil program doctoral. Karir musik memaksanya untuk merampungkan gelar S3 tersebut pada 2008 lalu.

2. Tom Scholz (Boston)

Tom Scholz (Boston)

Gitaris band rock klasik, Boston, ini akan membuat anda kaget. Ia telah memiliki 34 hak paten atas namanya sendiri untuk temuan teknologi yang ia lakukan. Di bidang music ia berhasil menciptakan headphone amp yang kini banyak dipakai oleh musisi ketika rekaman dalam studio.

Jejak akademis scholz pun terbilang luar biasa. Lulus sebagai sarjana dan meraih Master di bidang Tehnik Mesin dari Massacchusset Institute of Technology.

Sampai sekarang MIT masih diakui sebagai kampus terbaik di dunia dalam hal sains atau pengembangan teknologi.

3. Greg Greffin (Bad Religion)

Pria ini adalah otak musik sekaligus frontman, dari band punk-rock terkenal asal AS yakni Bad Religion. Jika anda pencinta musik Punk atau rock alternative maka Bad Religion menjadi salah satu referensi penting.

Adalah keliru besar jika membayangkan musik punk dekat dengan penampilan kucel, rambut Mohawk, atau anti sekolah. Greg adalah mahasiswa cerdas dan berbakat. Ia lulus sebagai sarjana bidang zoology dan menyabet gelar Master di bidang paleontology dari UCLA, University of California Loas Angeles, AS. tahun 2003 ia meraih Ph.D bidang yang sama dari Cornell University. Ia bahkan kini aktif mengajar untuk mata kuliah Evolusi. Karir musiknya pun masih berjalan dengan Bad Religion. Luar biasa!

4. Sterling Morrison (The Velvet Underground)

Sterling Morrison (The Velvet Underground)

Morrison adalah gitaris grup rock n roll legendaries the velvet underground. Band yang berpengaruh dalam kelahiran counter culture atau budaya tanding di AS.

morrison ternyata mewarisi bakat akademis besar dalam sosoknya. Ia lulus dengan gelar BA untuk jurursan sastra inggris dari city college, AS. tahun 1986, sterling sukses menyabet gelar Ph.D dari University of Texas dalam bidang sastra zaman pertengahan (medieval literature).

5. Dexter Holland (The offspring)

Dexter Holland (The Offspring)

Dexter merupakan anggota aktif dari band punk-rock terkemuka AS, the offspring. Pria yang sering tampil dengar gaya rambut aneh ini, adalah mahasiswa tekun dibidang biologi. Ia lulus sebagai sarjana dan memperoleh gelar master di bidang Biologi Molecular dari University of Southern California. Ketika The Offspring mulai terkenal di tahun 1994, ia memutuskan berhenti dari studi doktoral untuk Ph.D nya. jika anda memperhatikan lirik lagu The Offspring mungkin anda akan kaget dengan pencapaian akademis dexter. Kini dexter juga menjadi seorang instruktur penerbangan yang melatih calon pilot di salah satu sekolah pilot di AS. hebat bukan?

6. Tom morello (Rage Against The Machine -RATM-)

Tom morello (Rage Against The Machine -RATM-)

Tom adalah salah satu gitaris dengan skill terbaik hingga sekarang. Pentolan band hip metal terkenal Rage Against The Machine ini adalah keponakan dari pejuang penting kemerdekaan Kenya, Jomo Kenyatta.

Kemampuan bermain gitarnya merupakan perpaduan unik antara music metal dan hip hop. Namun tahukah anda jika Tom adalah sarjana ilmu politik dari Harvard University, salah satu kampus terbaik di dunia. Gelar BA ia raih dengan predikat cum laude, atau lulusan dengan nilai terbaik! Ia memulai kuliah tahun 1982 dan Sempat bekerja sebagai asisten seorang senantor AS tahun 1987-1988. Morello lebih memilih musik sebagai jalan hidupnya karena muak dengan pekerjaannya. Tom secara blak-blakan menyatakan bahwa senator di AS lebih sibuk melobi perusahaan dan cari uang daripada memperjuangkan rakyat. Kritik yang kemudian ia terus perjuangkan lewat lagu lagu RATM yang memang terkenal kritis .

7. Colin greenwood (Radiohead)

Colin greenwood (Radiohead)

Bassist dari grup rock alternative, Radiohead ini adalah pria yang dikenal kalem. Collin sendiri dikenal cerdas diantara anggota band dan teman-temannya. Thom yorke, vokalis radiohead, bahkan menyebut Collin sebagai perpustakaan berjalan. Collin punya segudang pengetahuan mengenai sastra. Ia lulus sebagai sarjana dari Cambridge University, Inggris, dengan konsentrasi sastra amerika. Selain masih aktif di Radiohead, Collin juga seorang fotografer yang baik. Karyanya penah dipamerkan di salah satu eksebisi fotografi terkemuka di London, Inggris.

Menarik untuk dicermati apakah industri musik tanah air juga memiliki bakat-bakat hebat seperti mereka. Apa iya, musik nasional kita yang sekarang lebih didominasi oleh serbuan boyband dan girlband hanya menjual tampang dan popularitas? [Time/Wook Kim/AA]

Komentari Berita Via Facebook
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi kahaba.net. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung spam atau kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *